Minggu, 10 April 2011

CARA BUAT & INTALASI WEB DENGAN JOOMLA


Pertama kita Download kit server Joomla , bebas ingin versi berapa saja sesuai keinginan kita! "lalu proses Instalasi Joomla" Saya ulangi~!


  1. Download file installasi Joomla di http://www.joomla.org
  2. Ekstrak dan upload file-file tersebut ke web server.
  3. Lakukan langkah-langkah instalasi sebagai berikut:
  4. * Buka alamat web Joomla anda (misal: http://web-anda.com) * Kemudian anda akan diarahkan ke alamat http://web-anda.com/installation/index.php untuk proses intallasi * Installasi dibagi manjadi 6 Tahap - pre-installation check (Mengecek kebutuhan untuk installasi Jomla) - license (Menyetujui penggunaan Joomla) - step 1 (MySQL database configuration) - step 2 (Enter the name of your Joomla site) - step 3 (Confirm the site URL, path, admin e-mail and file/directory chmods) - step 4 (Congratulations! Joomla is installed), berarti anda telah berhasil menginstall jomla * Delete folder install
E-book Belajar Joomla, dalam waktu dekat akan menyusul di terbitkan. Joomla yang kita bahas di sini adalah versi stable terbaru, versi 1.5.x. X kecil pada versi tadi mewakili angka release minor, biasanya merupakan patch atau perbaikan fitur. Saat tutorial ini ditulis, angkanya sudah menjadi 2. So, sebaiknya anda menggunakan joomla versi 1.5.2. Apakah Joomla itu? Sejauh ini joomla adalah: Joomla! is a free open source framework and content publishing system designed for quickly creating highly interactive multi-language Web sites, online communities, media portals, blogs and eCommerce applications. Joomla! provides an easy-to-use graphical user interface that simplifies the management and publishing of large volumes of content including HTML, documents, and rich media. Joomla! is used by organisations of all sizes for Public Web sites, Intranets, and Extranets and is supported by a community of thousands of users. Jadi, joomla itu adalah cms pintar, yang bisa menjadi apa saja, tergantung anda. Meskipun serba bisa, power joomla akan terlihat saat kita menggunakannya untuk content publishing system for websites. Sebagai blog jika dibandingkan dari sisi kenyamanan, lebih nyaman menggunakan wordpress daripada joomla sebagai blog engine. Pra-Instalasi Joomla Sebelum mulai menggunakan joomla, anda harus menginstall joomla lebih dulu. Sebelum menginstall joomla anda akan membutuhkan: 1. Server Apache. Lebih baik lagi jika server itu mendukung modul rewrite, dan lain-lain yang menunjang kinerja joomla. 2. Database MySQL. MySQL adalah optimized database untuk joomla. Database lain bisa digunakan, tetapi memerlukan setup ekstra. 3. Kopian paket instalasi joomla. Download dari situs joomla.org jika anda belum punya. Jika anda sudah memiliki web dan hosting sendiri (komersil), anda bisa menggunakan tool fantastico untuk menginstal joomla. Hanya saja, anda tidak akan mendapat manfaat banyak dari tutorial instalasi ini. Selanjutnya, buka halaman akses phpmyadmin (jika anda menggunakan XAMPP, akses melalui alamat http://localhost/phpmyadmin.). Buatlah sebuah database baru. Pada contoh, saya menggunakan nama ltguide.
joomla
PHP My Admin
joomla
Membuat Database
Menginstal Joomla Saya menginstall joomla di lokal webserver saya. Saya menggunakan XAMPP. Untuk kebutuhan tutorial ini, saya mengekstrak paket installer joomla di directory lomboktravelguide. Untuk memulai, silahkan buka browser firefox anda dan akses http://localhost/lomboktravelguide.
joomla
Pre Install Joomla
Langkah Pertama. Memilih Bahasa Instalasi Anda akan diminta memilih bahasa instalasi yang sesuai preferensi anda.
joomla
Install Joomla Tahap 1
Langkah kedua adalah melakukan pengecekan terhadap kemampuan server anda Pada gambar, semua requirements telah terpenuhi, ditandai dengan tulisan berwarna hijau. Jika ada salah satu requirements yang ternyata berwarna merah, silahkan anda perbaiki. Misalkan parameter php register globals-nya on, anda buka php.ini anda dan rubah menjadi off. Langkah ketiga adalah menyetujui lisensi yang digunakan joomla. Joomla menggunakan lisensi GPL. Artinya, joomla tidak bertanggung jawab terhadapa kerusakan software dan kehilangan data karena joomla didistribusikan sebagai mana adanya (as is). Bukan berarti joomla tidak memiliki quality control lho! Jika anda tidak setuju dengan lisensinya, tutup browser anda, jangan install joomla.
joomla
Install Joomla Tahap 3
Langkah keempat adalah melakukan konfigurasi database. Biasanya anda akan diminta memasukkan informasi alamat akses server myqsl, biasanya sih localhost. Kemudian username, password dan database yang diassign dengan username tadi. Assign itu artinya, username tersebut memiliki hak untuk mengelola database tersebut. Biasanya penting dan banyak digunakan di web server komersial. Satu hal lagi adalah, pada mode advanced, anda bisa memilih prefix tabel yang akan digunakan. Ini bermanfaat untuk anda yang memiliki web server dengan jumlah database yang diperbolehkan terbatas. Anda bisa menggunakan prefix yang berbeda untuk instalasi CMS yang berbeda pada database yang sama, tidak cuma joomla.
joomla
Install Joomla Tahap 4
Langkah kelima adalah mengkonfigurasi FTP Layer. FTP layer adalah kemampuan joomla untuk mengatur permission file-file di instalasinya sendiri. Ini penting, misalnya untuk melindungi file konfigurasi atau manajemen file lainnya. Masukkan username dan password yang sesuai. Sebelum melanjutkan, sebaiknya anda mengetes dulu apakah koneksi ftp sudah benar dan koneksi bisa dilakukan apa tidak dengan mengklik

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti texs, grafik, animasi link maupun audio-video.



Sedangkan,Web browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Exsplorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.

HTML mempunyai file perluasan (extention) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention ".htm" atau ".html".
Artikel ini tidak akan menunjukkan bagaimana untuk menghasilkan nomor kartu kredit. Sebaliknya, ini akan membantu Anda untuk belajar bagaimana nomor kartu yang sudah ada divalidasi dan apa yang mereka wakili.
Setiap kartu memiliki nomor unik. Ini adalah, bagaimanapun, tidak dihasilkan melalui generasi nomor kartu generatormachine nomor acak yang unik kredit. AS mengikuti rumus matematika sederhana untuk melakukan hal ini. Luhn Algoritma
Hans Peter Luhn, pada tahun 1954, ketika dunia itu tidak diserap oleh hutang kartu kredit, diperkenalkan suatu algoritma yang terkenal dikenal sebagai Luhn Algoritma. Dan metode ini digunakan oleh pemerintah Amerika untuk menghasilkan kredit dan nomor kartu debit tanpa kesalahan. Dan jika anda tidak percaya bahwa saya akan mengungkapkan rahasia, mengeluarkan kartu apapun dari dompet Anda dan ikuti proses ini.
Berikut adalah contoh. Ambil satu set empat 4 digit seperti: 5183 4598 9852 5524
Sekarang, mulai dari sudut kiri dan double digit pertama dan setiap angka lainnya dalam urutan. Ini akan menghasilkan sesuatu seperti ini: (10) 1 (16) 3 (8) 5 (18) 8 (18) 8 (10) 2 (10) 5 (4) 4
Sekarang, tambahkan semua nomor dua digit (dalam kurung) di urutan.
1173 8598 9812 1544
Sekarang, ketika kita tambahkan semua angka mereka jumlah sampai dengan 76, yang berarti nomor kartu kredit ini bukanlah satu sah karena setiap kredit yang sah atau kartu debet Banyaknya dapat dibagi oleh 10. Anda memiliki kartu, bukan? Tambahkan semua angka dan saya yakin itu akan menjadi 50 atau 60 atau nomor telepon lain dibagi oleh 10. Jadi, Anda dapat mengambil satu set acak dari 16 digit; melakukan proses ini berulang-ulang sampai Anda mendapatkan nomor dibagi oleh 10. Jika Anda, bagaimanapun, berhasil membuat sejumlah yang sah, anda tidak dapat menggunakannya untuk berbelanja atau melakukan sesuatu dengan nomor tersebut. Mengapa? Karena Luhn sangat cerdas dan dia belum terbuka mengungkapkan rahasia bagaimana untuk menghasilkan CVC2 CID,, dan nomor CVV2 yang ada di bagian wajah dan belakang kartu.
Dengan proses ini Anda dapat dengan mudah membuat nomor kartu kredit palsu. Tetapi menduplikasi kode keamanan lainnya hanya mustahil. Hal ini karena kode CVV2 dibuat dengan bantuan nomor rekening, tanggal kedaluwarsa kartu, layanan kode tiga digit unik, dan kunci DES. Hal ini tidak dihasilkan dengan hanya secuil informasi. Bahkan jika Anda bisa mendapatkan angka-angka ini, kombinasi yang terlibat untuk menghasilkan kode keamanan terlalu kompleks daripada metode di atas. Oleh karena itu, menghasilkan kode CVV2 menjadi sangat terjangkau.
Meskipun keterlibatan prosedur kompleks untuk membentuk nomor kartu kredit yang sah keamanan cukup sulit dan mungkin mengecewakan beberapa pengguna, kebanyakan dari kita seharusnya senang karena menjadi sangat mustahil bagi hacker dan penipu untuk menduplikasi informasi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad