Senin, 03 Juni 2013

Perkenalan Breadboard Untuk Simulasi Microcontroller (Arduino)

Apa itu breadboard?

Definisi 
         Breadboard adalah board yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronik sementara dengan tujuan uji coba atau prototipe tanpa harus menyolder. Dengan memanfaatkan breadboard, komponen-komponen elektronik yang dipakai tidak akan rusak dan dapat digunakan kembali untuk membuat rangkaian yang lain. Breadboard umumnya terbuat dari plastik dengan banyak lubang-lubang diatasnya. Lubang-lubang pada breadboard diatur sedemikian rupa membentuk pola sesuai dengan pola jaringan koneksi di dalamnya.

Breadboard yang tersedia di pasaran umumnya terbagi atas 3 ukuran: mini breadboard, medium breadboard atau large breadboard. Mini breadboard memiliki 170 titik koneksi (bisa juga lebih). Kemudian medium breaboard memiliki 400 titik koneksi. Dan large breadboard memiliki 830 titik koneksi.

Definisi lainnya
         Breadboard digunakan untuk membuat rangkaian sementara tanpa menggunakan solder dan hanya  menggunakan kabel jumper. Untuk para pemula, disarankan untuk membuat rangkaian menggunakan breadboard karena sangat mudah untuk mengganti komponen dan merubah sambungan antar kaki komponen.

         Breadbord memiliki banyak lubang (holes) dengan diameter sekitar 0.1 cm. Kaki komponen dapat langsung masuk kedalam lubang pada breadboard. Untuk IC dapat dihubungkan seperti gambar dibawah. Kabel yang digunakan sebagai jumper adalah kabel tunggal yang biasa digunakan untuk kabel telepon.




Keterangan :
#. A dan B -- > Hole (lubang) yang terhubung secara horizontal dan masing-masing terdiri dari 2 baris. Garis berwarna biru dan merah tidak ada hubungan. Untuk menghubungkan antara A dan B dapat melihat keterangan C.

#. D dan E --> Hole (lubang) yang terhubung secara vertical (garis berwarna orange) dan masing-masing terdiri dari 5 baris. Untuk menghubungkan antara D dan E dapat melihat keterangan F.

Mini Breadboard dan Layout koneksi (Connection Layout)

Perhatikan gambar diatas, sebuah mini breadboard dengan 200 titik koneksi. Pada bagian kanan dapat dilihat pola layout koneksi yang digambar dengan garis berwarna biru. Pada breadboard tersebut dapat dilihat penulisan huruf A, B, C, D, E, F, G, H, I dan J. 

Kemudian ada angka 1, 5, 10, 15 dan 20. Huruf dan angka ini membentuk semacam koordinat. A1, B1, C1, D1 dan E1 saling berhubungan sesuai pola koneksinya (lihat kembali garis berwarna biru). Begitu juga A2 –> E2, A3 –> E3, F1 –> J1, F2 –> J2 dan seterusnya. Dengan memahami pola koneksi ini kita sudah bisa memakai breadboard untuk keperluan prototipe rangkaian sehingga dapat menempatkan komponen elektronik secara tepat sesuai gambar rangkaian yang dimaksud.



Gambar diatas adalah medium breadboard dengan 400 titik koneksi. Medium breadboard ini biasa juga disebut half (setengah) breadboard. Karena ukurannya kurang lebih setengah dari ukuran large / full breadboard dengan 830 titik koneksi.

Berikut adalah contoh implementasi penggunaan Breadboard pada project Microcontroller  (Arduino) :

Gambar rangkaian/skematika untuk Blinking LED/Mengontrol Kedap-Kedip Lampu LED dgn Arduino :


Setelah kita mengetahui rangkaian apa yang akan dibuat, selanjutnya adalah penerapannya menggunakan breadboard dan Arduino.



Apa saja yg dibutuhkan yaitu : 
1. Arduino Uno/Duemilanov Atmega328 atau sejenisnya
2. Arduino Compiler dan source code
3. Kabel USB printer untuk mengirim/download sourcecode ke uController 
3. Breadboard
4. LED (Light Emiting Diode/DIODA) 
5. Kabel Jumper
6. Resistor Sesuaikan dgn tegangan arus & voltase yg anda gunakan  atau baca ini 

Untuk alat simulasi dikomputer bisa menggunakan software ISIS Preteus, Virtual Breadboard atau Fritzing.org

Okeehh ... selamat ber eksperimen!

Ref: Famosastudio, Ayobelajarelektronika

0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad