Selasa, 18 Desember 2012

ARTI HUBUNGAN ARITMATIKA DAN ALJABAR

        Menurut Davis (1960) pengajaran matematika adalah suatu pokok pengajaran yang mempunyai pengaruh besar dalam bidang studi yang lain. Seringkali siswa mengalami kesulitan ketika harus mengaplikasikan matematika (aljabar) dalam bidang studi lainnya seperti fisika, kimia, akuntansi dan lain lain. Pemahaman aljabar juga tidak terlepas dari bagian lain matematika yaitu aritmatika.


        Aritmatika adalah ilmu tentang sifat dan hubungan bilangan-bilangan nyata serta operasi perhitungannya (Webster New Third International Dictionary). Sedangkan aljabar menggunakan tanda-tanda dan huruf-huruf untuk menggambarkan atau mewakili angka-angka. Perbedaan aritmatika dan aljabar hanyalah pada simbol-simbol yang digunakan dalam pengerjaan.
 
        Pengajaran aritmatika sudah mendapat prioritas di tingkat SD, karena merupakan basis dan persyaratan bagi pengembangan pemahaman aljabar di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Siswa harus dibekali dengan pemahaman konsep serta kemampuan menerapkan dalam pemecahan masalah yang ada dan yang mungkin timbul dalam hubungannya dengan bidang studi yang lain.
        Belajar matematika harus dimulai dari konsep yang paling sederhana bertahap menuju tingkat yang lebih tinggi. Hasil belajar yang sederhana tersebut berfungsi untuk membantu memahami konsep yang lebih tinggi. Oleh karena itu materi yang diberikan kepada siswa tidak sekedar rumus-rumus yang sudah jadi. Harus didasari pengertian yang mendalam sehingga siswa tidak hanya mengerti saat mempelajari matematika saja, tetapi siswa harus mampu menggunakan matematika sebagai alat yang paling efisien dalam mempelajari ilmu dan pengetahuan yang lain.

        Siswa perlu memahami aritmatika karena merupakan cabang dari matematika yang menggunakan bilangan-bilangan dengan operasi hitung. Tetapi walaupun sebagai cabang, aritmatika juga terdapat di seluruh bagian matematika karena teori berhitung ada di aljabar seperti: ilmu ukur, kalkulus, dan lain- lain.

       Menurut Morris Klein ada 80 cabang besar matematika dan aritmatika terdapat pada semua cabang tersebut. Menurut Schopenhauer bahwa aritmatika adalah kegiatan kejiwaan yang terendah karena dapat digantikan dengan mesin, misalnya kalkulator dan lain sebagainya. Sedang aljabar adalah logistika artinya manusia memerlukan aritmatika untuk mengambil keputusan pada gejala dari peristiwa yang kebetulan terletak di perbatasan dua buah lingkungan yang berbeda. Sepanjang sejarah perkembangannya logistika maju bersama dengan kemajuan berhitung dan teknologi.


KESIMPULAN
        Pemahaman Aritmatika dan Hasil belajar Aljabar, menyatakan adanya keterkaitan antara materi Aritmatika dengan Aljabar. Agar Kita bisa mendapatkan nilai terbaik dalam materi aljbar maka diperlukan pemahaman yang matang dalam materi aritmatika. Maka dalam penyampaian materi aritmatika guru dituntut untuk semaksimal mungkin untuk menerangkan kepada siswa hingga paham betul/menguasai atas materi tersebut. Karena materi aritmatika ada hubungannya dengan materi aljabar. Jika siswa sudah paham dengan materi aritmatika maka siswa lebih mudah menerima materi aljabar.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad