Rabu, 13 Februari 2013

Masalah Komputer di Lingkungan Masyarakat

Definisi Komputer
  Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Manfaat Komputer di Masyarakat
  Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data di berbagai kepentingan, seperti :
a) Kepentingan di bidang Industri dan Perkantoran;
b) Kepentingan di bidang Pendidikan;
c) Kepentingan di bidang Ilmu dan Teknologi;
d) Kepentingan di bidang Pemerintahan;
e) Kepentingan di bidang Kedokteran dan;
f) Kepentingan Pribadi.

Peranan Komputer dalam Masyarakat
Apa yang membedakan komputer dengan produk lain adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data yang diperlukan. Contoh bidang pekerjaan masyarakat yang juga menggunakan peran komputer  yaitu seperti  berikut  :
1) Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor dan juga proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif  dijalankan oleh sistem komputer/robot yang terotomatisasi . Industri  pembuatan Game , Film, Recording Music, Digital printing, penerbangan, Web server/ hosting dan masih banyak lagi.

2) Paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam proses belajar mengajar.  Contoh : membuat database, data siswa dan pegawai, anggaran belanja sekolah, surat menyurat, perpustakaan elektronik dan masih banyak lagi.

3) Ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing-masing molekul.

Peranan Komputer dalam Masyarakat
(Lanjutan)
 
1) Peran komputer di pemerintahan untuk proses pengelolaan administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan bidang Pertahanan serta keamanan.

2) Peran komputer di kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya. Selain itu  untuk Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.

3) Peran komputer untuk kepentingan pribadi diantaranya adalah untuk belajar dan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan komputer, menyimpan backup data yang penting, bermain game, menonton video, browsing internet dan masih banyak lagi.

Isu Sosial dan Teknologi

Isu sosial yang mengena meliputi lingkup pekerjaan, kesehatan, tanggung jawab, citra pribadi dan kepentingan nasional.

Dampak Positif
 
a) Komunikasi yang lebih baik.
b) Transportasi data yang cepat & aman.
c) Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat.
d) Efisiensi tenaga kerja

Dampak Negatif
a) Manusia tergantung dengan komputer.
b) Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
c) Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.

Isu Sosial dan Teknologi
(Lanjutan)

Pandangan positif : keuntungan yang didapat lebih besar dari kerugiannya. Teknologi memberi keuntungan yang penting yaitu komunikasi yang lebih baik, berkurangnya resiko pekerjaan, transportasi menjadi lebih cepat, meningkatkan kemampuan produktivitas,  dan pengurangan tenaga kerja.
Pandangan negatif ; ketergantungan manusia terhadap mesin/alat, akan ber efek negatif bagi fisik dan mental.

Isu – Isu Populer dalam Perkembangan Teknologi pada Abad 21
# Pelanggaran Hak Cipta Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Copyright’s Violation) 

# Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) pertama kali disahkan pada tahun 1981 oleh Mahkamah Agung Amerika setelah kasus Diamond Vs Diehr bergulir. 

# Hak paten atau hak cipta kekayaan intelektual sangat penting karena memberikan hak kepada perusahaan software tertentu untuk melindungi hasil karyanya dari pembajakan oleh perusahaan software lain sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk menjadikan software buatannya sebagai komoditas finansial yang dapat mendorong pertumbuhan industri. 

# Masalah Nama Domain Internet

# Masalah Perizinan

# Masalah Privacy

Penggunaan Internet
Dampak Positif:
1) Internet sebagai media komunikasi, fungsi internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

2) Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan web dengan cepat dan murah.
3) Media untuk mencari informasi atau data.
4) Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5) Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6) Kemudahan bertransaksi dan berbisnis

Dampak negatif  :
1) Terbukanya akses negatif ; Pornografi
2) Violence and Gore ; informasi yang terkait dengan kekejaman dan kesadisan
3) Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
4) Perkembangan dimensi kenjahatan baru ; cyber crime -  data didling,  penipuan, carding, perjudian.
5) Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada 6) bertemu secara langsung -> perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
“Kecanduan “ komputer ; internet , game

Kesimpulan
   
                Komputer dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, bisnis, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa. Penggunaan komputer untuk mencari informasi di bidang Perbankan, Transportasi, Pendidikan, Komunikasi Dan Teknologi Informasi data yang diperoleh informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien.
                Seperti dikutip dari BBC, seorang ilmuwan dari Institute for Computing in the Humanities, University of Illinois, Amerika Serikat (AS), Kalev Leetaru, mengemukakan bahwa sebuah komputer super yang dibekali dengan berjuta-juta informasi mampu memprediksi kejadian-kejadian besar di masa mendatang. Teknologi Informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media.

0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad