Jumat, 14 Juni 2013

Cara Mengatasi Virus Shortcut panah, *.lnk, *.pif yang Bandel!

Halo sobat
Sekarang aku mau bahas tentang masalah virus soalnya, kemarin-kemarin hardisk(Hdd) external aku mengalami masalah terserang oleh virus H5n1 wah.. kok bisa? ehehe.. becanda ding!

kembali ke virus...
Nah kemarin itu hardisk aku pas di colikin ke laptop file-filenya yang ada di hardisk tidak terbaca dan tidak bisa di buka. kenapa ya >.>?  tanyaku!
kenapa bisa begini, padahal oleh antivirus aku tidak terbaca ada virus yang berbahaya di hdd external ku..  dari mana asal dan datangnya virus teresebut?? hmm.. tapi aku tetap curiga itu pasti virus, gak mungkin yg lain, kalo karena yg lain lalu apa dong? dari mana?

Oke lah aku pikir somehow itu virus.. datang yang penting sekarang gimana caranya ini hdd bisa balik lagi sepeti semula dan bisa nyimpen trus buka file lagi, nah setelah googling selama 1 - 2 hari belum juga ketemu solusinya.. dan akhirnya setelah hari ketiga aku menemukan sebuah website yang berisikan informasi tentang penyerangan virus yang sifatnya sama seperti hal yang aku alami yaitu file hanya berupa shortcut tidak bisa di buka dan di baca oleh system.Setelah itu aku temukan juga jenis virus nya, sehingga lebih mudah buat  cari penawarnya dari jenis shortcut tersebut.

Berikut ini details dari virusnya:

Jenis : Shortcut / *.lnk  /*.LNK
Induk virus : System Volume Information/Autorun *.lnk
Anak Virus:  RandomName*.pif


Virus ini sifatnya akan menduplikasi dan menular ke Partisi hardisk lainnya jika kita membuka filenya melalui Windows Explorer atau pun Autorun. Jadi hati-hati jika anda mencurigai sebuah flash disk atau hardisk external yang mengandung virus jangan membuka file tersebut melalui yang aku sebutkan tadi diatas. Jika kita memformat ulang komputer atau flashdisk atau hardisk external pun itu virus akan tetap muncul lagi dan gak akan ngaruh, terus harus gimana dong?

Solusinya ku temukan ketika googling dan berkunjung ke situs yang satu ini, silakan lihat untuk lebih detailnya:
Ihsana Software

Jadi intinya aku menggunakan software yang bernama 'SAFE X-Plore' buatannya mas ihasana. Dan software tersebut bisa membuka file yang di hiden (disembunyikan oleh virus shortcut) dan menghapus induk virus tersebut. Baca dengan teliti dan ikuti petunjuk yang ada di sana, aku hanya bisa memberi petunjuk karena cukup banyak memakan waktu kalo aku harus membuatkan tutorialnya, karena sudah cukup jelas apa yang diberikan oleh mas ihsana.  

Dan akhirnya alhamdulila hdd ku kembali normal dan sehat kembali. File-file di hdd masih utuh dan virus shorcutnya  lenyap..nyap..nyap nga nya pnyap!

Makasih dah berkunjung!

0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad