Kamis, 15 Agustus 2013

Bagaimana Cara Burning Hiren's BootCD.Iso ke DVD kosong (Bootable)

          Halo sobat sudah lama aku tidak blogging, nah kali ini aku ingin share  tentang, Cara Burning Hiren's BootCD.Iso ke DVD kosong (Bootable) . Karena kebetulan hari ini aku abis nge-burning file iso hiren boot versi 15.1 ke sebuah DVD kosong, buat jaga-jaga di kemudian hari. Soalnya sewaktu-waktu laptop ku bisa aja mengalami kerusakan pada hardisk atau sistem operasinya di sebabkan oleh virus maupun hal lainnya. Sehingga salah satu cara antisipasinya yang ampuh adalah mempersiapkan Software Hiren's Boot CD ini. Hiren's Boot CD adalah alat/tools/software utama yang wajib dimiliki oleh para teknisi komputer, karena dengan software ini para teknisi dapat dengan mudah dan cepat dalam mendiagnosa dan menangani masalah yang terjadi pada komputer(Diagnostic tools).

        Sedikit info kelebihan yang dimiliki software HBCD, selain backup data dan repairing hardrive! HBCD juga bisa digunakan sebagai alat "kloningan Sistem Operasi", sehingga mempercepat proses installasi sistem operasi pada banyak komputer, contoh : Suatu Warnet memiliki 20 unit komputer, dan Majikan/pemilik warnet memerintahkan anda untuk menginstall sistem operasi windows7 ke 20 unit komputer tadi diberi jangka waktu  2 jam, Ia gak mau tau, pokoknya semua harus beres? 

           Dipikir-pikir jika langkah installasi OS dilakukan secara singkat dengan teknik biasa, pada umumnya itu amat mustahil dilakukan! karena proses installasi komputer pada umumnya dilakukan 1 per 1, hal itu menghabiskan waktu sekitar 30 menit (Instal OS + Driver). Jadi, mana cukup???  Proses installasi berlangsung dengan waktu yang relative berbeda-beda, tapi biasanya sih berlangsung selama 30 menit, namun itu juga belum tentu, karena tergantung pada spesifikasi komputernya, semakin tinggi spesifikasi (Spec)  Memori komputer maka semakin cepat pula dia memproses data/melakukan proses installasinya. Lalu Solusinya?  Nah, dengan software HBCD ini kita bisa menginstal komputer cara cepat, dengan teknik Kloning image pada hardisk dan lakukan restorasi untuk tiap-tiap komputer yang sudah ditanam image disk kloningan. Hmm by the way bus way... kok jadi bahas kloning disk ya? segitu ja dulu deh, lain kesempatan aku akan buatkan tutorial cara kloning disk nya hehe .. tapi tenang sobat blogger, ini ada referensi lain Cara Kloning Disk dengan HBCD Northon Ghost
.
Back to the main topic!
Burning Hiren's BootCD.Iso To  empty DVD (Bootable)
 
Berikut ini langkah-langkah untuk membuat burning-an HBCD.Iso  ke DVD :

1.Download Hiren's Boot CD versi terbaru atau yang lama.

2.Download Software Power Iso, sebagai alat burning CD/DVD, (utk software burningan bebas/optional bisa menggunakan Nero juga atau sejenisnya).

3.Install Software Power Iso, lalu setelah beres. Klik "YES"  untuk "reboot"/"auto restart" komputer, agar proses installasinya berjalan sempurna.

4.Klik atau Jalankan aplikasi Power Iso, lalu masukan registration kode dari file bernama "keys.txt" yang terdapat di folder Power Iso . Isi username dan juga keys nya, jika sudah klik "OK".

 5.Restart Power Iso, caranya klik close(tanda silang), lalu..  jalankan kembali Power Iso nya.

6.Klik File --> Open --> Cari file Iso HBCD yang sudah anda download sebelumnya. Lalu klik "Open".

7.Blok semua file HBCD yang terdapat pada kotak sebelah kanan, seperti gambar berikut: 

8.Pada Toolbar Power Iso, lalu klik Icon "Burn". Tunggu sampe selesai 100% dan Burning Succesfully atau DVD keluar sendiri dari DVD ROM. Lalu klik Exit.

9.Saatnya Testing, Klik Start, lalu.. Restart komputer

10.Pada saat Booting tekan F2 atau F12 untuk mengganti sistem booting melalui DVD ROM, bukan melalui HDD.

11.Saat booting anda akan otomatis masuk ke Menu console Hiren't Boot CD, maka selamat anda berhasil. Tapi jika masih gagal dan masuk ke Windows, silakan ulangi langkah-langkah di atas sampe benar. 

Good Luck!

0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad