Senin, 25 Februari 2013

Artificial Intelgence Algoritma Blind Search


Pendahuluan

Artificial intelgence merupakan sebuah mesin cerdas yang diciptakan untuk bisa memilki kemampuan memecahkan masalah seperti manusia pada umumnya, bahkan bisa lebih pintar dari manusia, tergantung jika algoritma yang dibuatnya sangat baik. Artificial intelgence dibuat berdasarkan algortima dan code program yang dibuat oleh seorang programmer untuk bisa memudahkan dan membantu seseorang dalam memecahkan masalah dengan cepat, tepat dan juga efisien. Contoh implementasi Ai yang biasa terdapat pada kehidupan : Game (Catur, MarioBros, Pacman dan game lainnya), kalkulator, Alfalink Translator, FaceRecognition(pengenal objek wajah), AbsensiFingerPrint(pengenal sidik jari), robot industri perakit kendaraan bermotor (Torsi).

Contoh Detail Penjelasan di bidang Game

Ai Game : Ai di bidang game programming sangat penting dan sudah biasa digunakan, contohnya ketika anda bermain game pasti anda akan menemukan masalah atau rintangan  melawan musuh anda yang dikendalikan oleh komputer. Nah pertanyaanya kenapa mereka bisa mengerti bahwa anda itu adalah musuhnya, ia bergerak sendiri dan melawan anda seperti halnya manusia, bahkan anda pun sampai kalah dalam permainan atau game over, karena mungkin anda pun bisa sampai kalah cepat atau strategi oleh komputer, maka mesin tersebut sudah bisa dikatakan sebuah mesin Ai yang cerdas. Jadi itulah peran artificial intelgence dalam sebuah game yang sudah di program sedemikian rupa untuk bisa menjadi sebuah mesin/karakter pintar di sebuah game sesuai dengan tingkatan level/kesulitan tertentu, seperti (Easy, Medium dan Hard).

Berapa kali anda kalah bermain catur dengan komputer?
Berapa kali anda mati ketika bermain  Super Mario Bros ?
Jika anda kalah berkali-kali berarti kita bisa sebut mesin tersebut memiliki Ai yang cerdas dan pintar!

Apakah mesin torsi industri perakit mobil berhasil merakit mobil dengan baik? 
jika ya berarti mesin tersebut Ai-nya cerdas, jika tidak berarti Ai-nya buruk!


Ok, kali ini aku mau share belajar Ai tentang metode searching (Blind Search), Metode searching yang dibahas pada pertemuan ini adalah blind search atau un-informed search
yang terdiri dari: 

Blind search  tidak ada informasi awal yang digunakan dalam proses pencarian, simpul pencarian dibangkitkan berdasarkan urutan tertentu. ada 6 algoritma pencarian di (Blind Search):
1) Breadth First Search (BFS)
2) Depth First Search (DFS)
3) Uniform Cost Search (UCS)
4) Depth-Limited Search (DLS)
5) Iterative-Deeping Search (IDS)
6) Bi-directional search (BDS)

Heuristic search menggunakan suatu fungsi untuk menghitung biaya perkiraan dari suatu simpul tertentu menuju simpul tujuan.  Untuk Heuristic Search kita akan bahas nanti setelah metode blind search selesai di bahas. =)  stay tuned for the next season!



wait for a second!



0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad