Rabu, 21 Januari 2015

ISTILAH UMUM ATAU FUNGSI PADA PEMROGRAMAN JAVA

1.System.out.print(""); //Fungsi output/keluaran  utk mencetak hasil dari program baik itu bertipe string, nilai atau variabel.

2.Scanner input = new Scanner(System.in); //"Scanner(System.in)" adalah fungsi input/masukan di java, "input" merupakan sebuah variabel yang dapat dirubah sesuai nama inputan yang diinginkan. Namun, format penulisan inputan biasanya seperti demikian. Contoh sederhana :
//Get first input
System.out.print("Siapa Nama Anda?");
String nama = input.nextLine();

3. Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.

4.Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.

5.Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor. Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor harus  memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki nilai  kembalian. Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi  (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya  boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.

6.Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun class dalam java. Ada empat macam modifier yang dikenal oleh Java, yaitu private, protected, public dan default.

Wilayah AksesPublicProtectedDefaultPrivate
Kelas yang samayayayaya
Antar Kelas dalam package yang samayayayatidak
Subkelas di package yang berbedayayatidaktidak
bukan subkelas, package yang berbedayatidaktidaktidak
Beberapa modifier penting lainnya:
Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diases oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.

Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.

7.Object sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat dilakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. di butuhkan operator NEW untuk membuat objek dari suatu kelas.

Format penulisan object (instansiasi) :

NameOfClass nameOfObject = new NameOfClass([params]);

Penulisan ke-1 : 
NamaKelas NamaObjek = new NamaConstractor();
Atau
Penulisan ke-2 :
NamaKelas Namaobjek;
NamaObjek = new NamaConstractor();

Contoh, untuk membuat objek aku dari class Mahasiswa:

Mahasiswa aku = new Mahasiswa ();

Proses di atas disebut instansiasi. ketika objek selesai dibuat, objek tersebut disimpan didalam memori dan dapat diakses oleh objek-objek lain melalui nama objeknya. 

8. Import merupakan fungsi untuk memanggil atau menggunakan library (pustaka) yang ada di pemrogramman java. Contoh : import java.util.*;  fungsi "library java.util.*" tersebut untuk memanggil atau membaca fungsi input dan output di java.

9.Super adalah fungsi untuk memanggil constructor dari kelas induk. Selain fungsi tersebut, kata kunci super digunakan untuk mengakses anggota kelas (variabel maupun method) dari kelas induk.
Super untuk Memanggil Constructor Kelas Induk Constructor yang terdapat pada kelas induk dapat dipanggil dari kelas turunan menggunakan kata kunci super.






0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad