Rabu, 13 Maret 2013

Install Wordpress di Localhost dengan Xampp

Sebelum sobat menginstal wordpress di xampp, jadi sobat terlebih dahulu di asumsikan sudah menginstall software xampp sebelumnya. Jika belum punya, untuk mendownload/mengunduh xampp nya silakan disini

Ok langsung saja pada inti instalasi wordpress di xampp..

Pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload wordpress tools versi terkini di wordpress.org . Setelah itu kemudian ikuti langkah berikut :
1. Unzip berkas wordpress/file kompresi yang sudah di download tadi ke  c:\xampp\htdocs
(keterangan: folder ini adalah tempat semestinya untuk menginstal aplikasi-aplikasi berbasis web layaknya root public_html yang terdapat di hosting-hosting provider pada umumnya).

2. Buka browser kalian seperti Mozilla, Internet Explore, atau Google Chrome, Opera, atau browser apapun yang sedang kalian gunakan.

3. Pada address bar di browser kalian, masukan atau ketik http://localhost  lalu tekan “Enter”, secara otomatis akan membawa kalian ke http://localhost/xampp/. Maka akan tampil seperti berikut:



4. Pada halaman tersebut gulir/roll kebawah (scroll down to tools > phpMyAdmin) klik phpMyAdmin tersebut atau bisa juga dengan mengakses http://localhost/phpmyadmin/.
Tampilan berikut jika anda menggunakan xampp dengan bahasa indonesia, sebenarnya untuk pilihan bahasa, opsional banyak sekali bahasa yang tersedia pada aplikasi ini.


















5. Buatlah sebuah Database baru “Create Database” dengan nama “wordpress” dan isi Collation-nya dengan “utf8_unicode_ci”. Klik “Create” dan tunggu beberapa detik hingga























Isikan nama database nya dan klik scrolbox pilih "utf8_unicode_ci"

Proses pembuatan database wordpress untuk localhost selesai.

6. Buka http://localhost/wordpress/  lalu Enter dan anda akan mendapati tampilan seperti berikut (jangan shock/kaget!). Ikuti saja perintah selanjutnya, Create a configuration file 

Lalu akan tampil seperti ini























7.  Selanjunya isi Database Name dengan wordpress, User Name dengan root, Password dikosongkan saja karena tidak diperlukan jika menggunakan user name root, kecuali kalian membuat sebuah user baru. Isi Database Host dengan localhost, Table Prefix dengan wp_, dan klik “submit”.
























8. Setelah semua siap, pada halamn selanjutnya klik “Run the install”.


9. Kalian akan dibawa pada halaman Welcome untuk mengisi data situs yang diperlukan. Isi Site Title, Username, Password, dan Email sesuai pilihan kalian. Pada Privacy, jangan centang “Allow search engines to index this site. Dan klik “Install WordPress”. 


10. Setelah instalasi sukses dijalankan, silahkan login dengan Username dan Password yang sudah kita sediakan tadi



11. Selesai, Selamat blogging di WordPress localhost kalian  =)

NB: Cara ini hampir sama dengan menginstal WordPress di layanan hosting dengan mengunggah WorPress di root public_html atau htdocs.


0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad