Sabtu, 05 Mei 2012

Perencanaan Wirausaha (Planner)


ALLIANCE SOFTWARE DEVELOPMENT INTUTOR (ASDI)
­­


Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah Kewirausahaan

Perencanaan Wirausaha Perusahaan (Planner)
 
Tugas ke-5_Kewirausahaan-IF  



Tahun Ajaran 2012/2013

Di Prodi. Teknik Informatika

Disusun Oleh :

( 0610U020 ) ( Adi Ahmad Muhibin )

Instruktur :

 Djadja Achmad Sardjana, S.T., M.M
Jurusan Teknik Informatika – Universitas Widyatama
­Bandung
2010





Latar Belakang :

Pertama kali munculnya ide untuk mendirikan sebuah organisasi, kami pikir ini karena keharusan kita sebagai seorang mahasiswa informatika untuk bisa mengembangkan bakat wirausahanya di bidang teknologi informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah technopreneur. Sehingga itu juga dapat meningkatkan kompetensi wirausaha seseorang di bidang teknologi informasi, disamping kerjaan seorang IT yang biasanya hanya bergelut dengan hal yang berbau programming, kami juga di sini berpikir mengenai market, maksudnya bagaimana cara kita agar mampu memasarkan produk yang telah dibuat nantinya dan mungkin juga jasa yang bisa kita tawarkan di marketplace (tempat pemasaran) . 

Pada tugas ini kami lebih ingin menyinggung soal ide yang telah kami siapkan yaitu tentang “Pengembangan software berbasis tutorial dan development tools”. Memang hal yang kami inginkan ini belum begitu mendukung sarana dan prasarananya, karena kami di sini masih sangat membutuhkan modal dan tenaga ahli yang lumayan banyak jumlahnya, namun kami ingin agar bisa menekan modal sekecil mungkin untuk bisnis ini dengan target pendapatan yang sebesar-besarnya. 

Asal usul nama organisasi di atas itu awalnya dicetuskan oleh saya sendiri (ADI), tapi saya pikir itu kurang pantas karena terlalu mencirikan nama saya, lantas saya mencari saja singkatan dan arti lain yang lebih professional dan menarik dari nama saya tersebut. Jadi, nama yang sudah diganti menjadi Alliance Software Depelopment InTutor (ASDI). Semoga yang akan kami jalankan ini akan sukses dan kami masih membutuhkan dukungan berupa moral maupun materil dari pihak manapun. Terima kasih.


“Pengembangan Software berbasis tutorial dan Development Tools”

Pada kesempatan ini saya ingin menceritakan ide dan keinginan saya dalam mendirikan sebuah organisasi/perusahan berbasis software development terutama di bidang tutorial. Untuk mengaplikasikan ide tersebut tidaklah mudah karena sepertinya akan banyak sekali tantangan dan kendala yang datang, mulai dari kondisi financial, tempat, ide, tenaga ahli di bidang tutorial. Namun untuk sementara ini saya akan menjalankannya dulu sendiri, karena masih pertama kali berdiri dan saya masih akan menyusun strategi dan sitemnya agar dapat berjalan secara efektif.

Target Pasar & Strategi Pemasaran
Tempat pemasaran produk di targetkan utama adalah mencari pelanggan di lingkungan sekitar terlebih dahulu (campus & lingkungan pertemanan) dan jika sudah banyak pelanggan mungkin bisa saja selanjutnya untuk memasarkan di luar wilayah ataupun juga memungkinkan ke luar negara. Karena sekarang sudah banyak akses pemasaran melalui internet, bisa melalui sebuah blog, web site maupun penyedia jasa periklanan online.
Sebuah software yang akan di buat dan dikembangkan yang berbasis tutorial ini akan di uji terlebih dahulu sebelum di pasarkan, kita akan memilih beberapa category software yang akan dipasarkan, berikut adalah list software tutorial dan software development tools;

v  Software Tutorial :
·         Design Photoshop
·         Adobe Illustrator Design Vector & Logo
·         Adobe Flash Tuts
·         Blogspot Tuts
·         Wordpress Tusts
·         Facebook Marketing
·         Joomla Tuts
·         PHP Tuts
·         Java Tuts for Dummies
·         Web Design with Photoshop
·         Basics of HTML
·         Basic of CSS
·         PHP for Beginer
·         Basics of Java script
·         J-Query for Beginner
·         Paypal Tuts
·         Odesk Tuts
·         Miscellanous

v  Software Development Tools :
·         Adobe Creative Suite CS5
·         Visual Basic 6.0
·         Visual Studio.Net 2008
·         Linux Os
·         Video Editor Edius
·         Adobe Audition CS5
·         Steinberg Nuendo 4.0
·         Autodesk 3Ds Max Design 2012
·         Mapple 7.0
·         Miscellanous

Sistem pemasaran yang akan dijalankan adalah dengan media pengiklanan secara online maupun tidak online, promosi melalui website, facebook marketing page, twitter marketing dan juga melalui pesan sms gateway maupun email marketing .


 
Strategi Perusahaan

Dalam pemasaran produk kami tidak hanya menawarkan dan menjual tapi juga akan membuat line up subscriber  dan membuat list para pelanggan agar tidak kehilangan mereka , biasanya pekerjaan ini dilakukan oleh seorang CSR (customer relationship). Hal ini diperlukan agar pelanggan  selalu menggunakan produk yang kita hasilkan dan tidak kabur dari ketertarikan software yang kami buat. Selain memberikan list pelanggan kita juga akan menyediakan pelayanan berupa jaminan konsultasi terhadap customer jika seandainya ada customer yang mengeluh karena software tidak dapat berjalan dengan baik atau keluhan-keluhan lainnya. Kami juga menyediakan fasilitas forum komunitas di dunia maya (website) atau di dunia nyata yang berguna untuk mengetahui tanggapan dan keluhan para customer yang sudah menggunakan software kami. Sehingga saya bisa memperbaiki dan juga menambahkan segala kekurangan yang customer butuhkan pada software. Produk akan sangat bervariatif karena tutorial akan di sediakan dalam dua bahasa yaitu (bahasa Indonesia dan inggris) agar mendapatkan customer/pelanggan lebih banyak bukan hanya di Indonesia tapi juga customer dari luar negeri. 

Saya juga akan berusaha untuk meningkatkan kualitas produk, perusahaan harus meningkatkan kualitas produk, baik itu jasa, barang, maupun gagasan. Menyajikan produk-produk terbaru agar customer  tidak ketinggalan dan merasa senang dengan pelayanan kami. Melakukan pendekatan dengan konsumen, ini diistilahkan dengan custumer relationship management, yaitu serangkaian proses dan teknik untuk mengontrol hubungan dengan konsumen. Selain itu melakukan distribusi secara terintegrasi yang bermaksud memadukan sistem distribusi direct, dependent dan independent.  Faktor yang juga penting  dan harus di perhatikan adalah memberikan harga yang kompetitif, maksud harga kompetitif  disini tidak berarti menjual dengan harga yang murah. Sebab pihak perusahaan dapat memadukan kesiapan bersaing dengan keragaman produk yang dimiliki dengan portfolio produk yang lengkap, perusahaan bisa menjual produk dengan harga beragam sesuai permintaan konsumennya.


Pemrakarsa Ide Perusahaan
Gagasan organisasi/perusahaan software development ini di prakarsai oleh saya sendiri (Adi Ahmad M) Idenya yaitu dari nama saya sendiri. Pergerakan berdirinya perusahaan ini akan terus di kembangkan  ke sektor lain di masa depan tapi masih dalam ruang lingkup software development, selain mengembangkan sebuah software tutorial dan development tools. Saya juga akan terus memberikan kontribusi dan ide-ide menarik lainnya untuk kemajuan perusahaan. 

Pemegang Visi perusahaan
Saya sebagai pemrakarsa berkeinginan untuk merekrut sejumlah orang yang mampu dan mau bekerja di bidang tersebut, terutama bagi orang yang passionnya di bidang IT sangat di rekomendasikan, disamping itu saya juga memiliki beberapa rekan yang berkecimpung di dunia software engineering/teknik rekaya perangkat lunak dan mungkin berniat untuk merekrutnya. Tapi tidak semua bidang juga di isi oleh orang-orang  IT  karena sepertinya kami nanti akan membutuhkan juga para accountan, manajemen, dan yang lainnya sesuai kebutuhan perusahaan.

Visi dan Misi Perusahaan
Kami ingin perusahaan ini dapat berdiri dengan sukses dalam proses pengembangan softwarenya yang berkualitas internasional,  dan berharap  dapat menarik para  investor dalam negeri maupun asing.
Tujuan kami mendirikan perusahaan ini adalah untuk menghasilkan software-software berbasis tutorial agar orang dapat membantu orang dalam mempelajari dan belajar memanfaatkan sebuah software development tools maupun software aplikasi lainnya. 

Policy by Adi Ahmad M

0 komentar:

Posting Komentar

WARNING !
Komentar anda tidak boleh mengandung unsur:
1.Penghinaan, Rasis dan Pelecehan
2.Spamming (Spam Comments)
3.Link Iklan, ads etc
Terima Kasih.


Jika ada request ato laporan tentang :
1.Request Software atau Tutorial
2.Bad Link & Re-active link (akibat broken link)
Silakan comment di bawah atau kirim pesan ke saya via facebook >> Akunku : Adhieresthenes Hier Banu Arfakhshad