Web Services Development and Desktop Application

Our service available which to give the best service to our customers company for any categories development.

3Gen it-Dev

3Gen it-Dev is the community that in it, have been founded by several students from widyatama university at faculty of engineer major in informatics engineering.

The Magisters of Engineering

Have been graduated Huraa!

Teaches in the class widyatama

Teach by Mr.Logic

Cyber Eye Bandung

Cyber Eye Bandung is one of all community that founded by Adi Ahmad Mat outside campus, and have a goal to be technopreneurs in expanding knowledge and business in information technology!

Samsung Academy

Meet Up with Samsung Android Community Bandung

We are in Event of Programming Contest ACM 2011

This Photo taken when Event of Programming Competition ACM which implemented with online system from Widyatama University through Bina Nusantara University and some of top university in Asia to United States as the Promoter.

Informatics Research Development Lab

My Friends and as Senior was built and assembly a robots in ERD Lab.

The Committee of Advance.Inc Go to Campus Widyatama - Saung Android Bandung Workshop and Seminar

On this seminar we're discuss, to provide training about how to developing and costumizing mobile android app with eclipse development tools and also there is the introducing for the new product of Advance Android products (VANDROID)

Rabu, 19 September 2012

Jenis-jenis Himpunan


JENIS-JENIS HIMPUNAN
  1. himpunan berhingga adalah suatu himpunan yang jumlah anggotanya dapat dihitung. Contohnya D = {bilangan genap kurang dari 10} atau A = {2,4,6,8}. Himpunan D jumlah angotanya dapat dihitung yaitu sebanyak 4 buah.
  2. Himpunan tak hingga adalah suatu himpunan yang jumlah anggotanya tidak terbatas atau tak hingga. Contohnya: A= {bilangan genap}, B= {bilangan ganjil}
  3. Himpunan kosong adalah suatu himpunan yang tidak memiliki anggota sama sekali. Himpunan kosong dilambangkan dengan tanda {}. Contohnya B = {bilangan genap antara 2 dan 4}. ditulis B={}={0}.
  4. Himpunan equal/himpunan sama adalah himpunan yang anggotanya sama
    contohnya A= {b,c,d}
    B={d,c,b}
    A=B
  5. Himpunan ekuivalen adalah himpunan-himpunan yang jumlah anggotanya sama.
    Contohnya A= {b,c,d}
    B={d,c,b}
    A jumlahnya sama dengan B
  6. Himpunan semesta adalah himpunan dari semua unsur yang sedang dibicarakan. Himpunan semesta juga disebut himpunan uiversal dan ditulis dengan huruf S.
    contohnya:
    A = {1,3,5,7,9}
    himpunan semestanya berupa:
    S = {bilangan asli}
    S = {bilangan cacah}
    S = {bilangan ganjil kurang dari 10}
  7. Himpunan bagian adalah apabila setiap unsur dalam himpunan B termasuk juga anggota A, maka B merupakan bagian dari himpunan A.
    contohnya
    B = {a,c,e}
    A = {a,b,c,d,e}
    jadi B bagian dari A.
  8. Anggota himpunan n adalah suatu unsur dari suatu himpunan.
    Contohnya
    A = (a,b,c,d,e}
    maka a elemen A
  9. Himpunan lepas adalah ssuatu himpunan yang tidak mempunyai anggota persekutuan dengan himpunan lain.
    Contohnya
    A = {d,e,f}
    B = {g,h,i}
    maka himpunan A tidak mempunyai anggota persekutuan dengan himpunan B atau A//B
  10. bukan anggota himpunan adalah unsur ini tidak termasuk dalam himpunan tersebut
    contohnya
    A = {a,b,c,d}
    e bukan anggota himpunan A.
  11. Himpunan biolangan cacah adalah himpunan bilangan yang anggotanya dimulai dari nol dan seterusnya
    contoh
    K = {0,1,2,3,4,5}
  12. Himpunan bilangan asli adalah himpunan bilangan yang anggotanya dimulai dari bilangan satu dan seterusnya.
    Contohnya
    D = {1,2,3,4,}
  13. himpunan bilangan genap adalah himpunan yang anggotanya dimulai dari angka dua dan selalu genap atau habis dibagi dua
    contohnya
    G = {2,4,6,8,10}
  14. himpunan bilangan ganjil adalah himpunan yang anggota bilanganya tidak habis dibagi dua
    contohnya
    K = {1,3,5,7}
  15. himpunan blangan prima adalah himpunan bilangan yang anggotanya semua bilangan yang memiliki dua faktor
    contohnya
    Y = {2,3,,5,7}
  16. himpunan kuadrat bilangan cacah adalah himpunan bilangan cacah yang anggotanya dipangkatkan dua.
    Contohnya
    Y = {0^2,1^2,3^2)

Tugas Sistem Operasi - Diskusi I & 2


Apa itu sistem operasi?
Sistem operasi (operating system) adalah program yang mengelola sumber daya perangakat keras komputer agar dapat berinteraksi dan bisa digunakan oleh user, serta menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. (wikipedia)


Diskusi I :  Apa perbedaan antara Platform dengan Sistem Informasi?

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaanya:

 1). Platform
platform merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (termasuk kerangka kerja aplikasi). Kombinasi tersebut memungkinkan sebuah perangkat lunak, khusus perangkat lunak aplikasi, dapat berjalan. Platform yang umum sudah menyertakan arsitektur, sistem operasi, bahasa pemrograman dan antarmuka yang terkait (pustaka sistem runtime atau antarmuka pengguna grafis) untuk komputer.

Platform adalah unsur yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak. Penyelenggara platform menyediakan pengembang perangkat lunak dengan kesepakatan serangkaian kode logika yang akan berjalan secara konsisten sepanjang platform ini berjalan di atas platform yang lainnya. Kode logika ini mencakup bytecode, kode sumber, dan kode mesin. Dengan demikian, pelaksanaan program tidak dibatasi oleh jenis sistem operasi yang tersedia. Platform telah menggantikan sebagian besar bahasa mesin secara independen.


Contohnya :
“Java”,  Java adalah platform, karena Java memiliki mesin virtual yang memungkinkan aplikasi Java berjalan di berbagai sistem operasi.


2). Sistem Operasi
Operating system dalam bahasa inggris (OS) atau yang sering disebut sistem operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer .

Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Contohnya :
sistem operasi modern adalah LinuxAndroidiOSMac OS X, dan Windows dari Microsoft

Jadi perbedaan dari keduanya adalah :
Platform memungkinkan untuk sebuah perangkat lunak (software) dapat bekerja dan berjalan dalam sebuah sistem operasi, sedangkan
sistem operasi ,perangkat lunak yang berperan mengoperasikan komputer dengan perintah-perintah yang sudah di setting di dalamnya, dan hanya dapat menjalankan sebuah aplikasi tertentu yang support dengan sistem operasi tersebut.


Diskusi 2:  Sumber daya (Resource)

1). Sumber Daya Fisik
adalah sumber daya yang memiliki struktur fisik yang nyata yang berkaitan dengan perangkat keras (hardware) computer.

yang termasuk ke dalam sumber daya fisik diantaranya :
  •  Keyboard, bar-code reader
  •  Mouse, joystick, light-pen, track-ball, touch-screen, dll.
  •  Flopy disk drive, harddisk, tape drive, iptical disk, CD-ROM drive, USB Flash Disk, dan perangkat penyimpanan lainnya.
  •  Layar monitor
  •  Printer
  •  Modem, ethernet card, PCMCIA, dan alat komunikasi lainnya.
  •  RAM, chace memory, register, dan memory lainnya
  •  Perangkat multimedia seperti kamera, sound card, tv tuner, dll.
  •  Perangkat grafis seperti digitizer, scanner, plotter, dll.
  •  Perangkat pengendali proses yang terhubung ke komputer
  •  Dan sebagainya.
 2). Sumber Daya Abstrak 
adalah sumber daya yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak dapat disentuh, tetapi hanya dapat dilihat keberadaan dan prosesnya dalam sebuah computer, dan sangat berkaitan dengan software.

Sumber daya abstrak terdiri dari : 
  • Data
  • PCB (Process Control Block) untuk mencatat dan mengendalikan proses.
  • Tabel segmen, tabel page, i-node, FAT untuk pengendalian memori
  • Berkas (file) untuk penyimpanan data atau program
  • Dan sebagainya.

Manfaat Sistem Operasi
Sistem Operasi terdistribusi memiliki manfaat dalam banyak sistem dan dunia komputasi yang luas. Manfaat-manfaat ini termasuk dalam sharing resource, waktu komputasi dan komunikasi.

1.Shared Resource

Walaupun perangkat sekarang sudah memiliki kemampuan yang cepat dalam prosesproses komputasi, atau misal dalam mengakses data, tetapi pengguna masih saja menginginkan sistem berjalan dengan lebih cepat. Apabila hardware terbatas, kecepatan yang diinginkan user dapat di atasi dengan menggabung perangkat yang ada dengan sistem DOS.

2. Manfaat Komputasi
Salah satu keunggulan
 Sistem Operasi terdistribusi  ini adalah bahwa komputasi berjalan dalam keadaan paralel. Proses komputasi ini dipecah dalam banyak titik, yang mungkin berupa komputer pribadi, prosesor tersendiri, dan kemungkinan perangkat prosesorprosesor yang lain. Sistem Operasi terdistribusi  ini bekerja baik dalam memecah komputasi ini dan baik pula dalam mengambil kembali hasil komputasi dari titik-titik cluster untuk ditampilkan hasilnya.

3. Reliabilitas
Fitur unik yang dimiliki oleh DOS ini adalah reliabilitas. Berdasarkan design dan implementasi dari design sistem ini, maka hilangnya satu node tidak akan berdampak terhadap integritas sistem. Hal ini berbeda dengan PC, apabila ada salah satu hardware yang mengalami kerusakan, maka sistem akan berjalan tidak seimbang, bahkan system bisa tidak dapat berjalan atau mati.

4. Komunikasi
Sistem Operasi terdistribusi  berjalan dalam jaringan dan biasanya melayani koneksi jaringan. Sistem ini umumnya digunakan user untuk proses netwotking. User dapat saling bertukar data, atau saling berkomunikasi antar titik baik secara LAN maupun WAN.

SISTEM OPERASI DIBEDAKAN MENJADI 3:
1.    Sebuah eksekusi aplikasi
2.    Merupakan penghubung (interface) antara aplikasi dengan perangkat keras (hardware)
3.    Media penghubung antara user dengan perangkat keras komputer



Minggu, 16 September 2012

PERTEMUAN 3

pelajari tentang uC dari ATMEL 8051
ketahui fungsi x86 bit processor
LSB
MSB
Mikro ATMEGA
Fungsi flash memori
Analog  I/O
Digital I/o
Pelajari sinyal digital dan analog
Cara menghitung ADC to DAC, vice versa!

Selasa, 11 September 2012

Tugas 01

#Survey 20 Pengguna Mobile Device di Universitas Widyatama, selain mahasiswa/wi TIF.

Format & Ketentuan:
1. Jurusan, Gender
2. Device (Merk/tipe/seri/OS/Platform)
3. 5 Aplikasi/Sites yang sering di kunjungi/digunakan (Termasuk Native App)
4. Pengalaman Pengguna (Kelebihan & Kekurangan)
5. Analisis dan ambil kesimpulan dari survey yang dilakukan
6. Buat Laporannya dengan format (.doc/.docx)
7. Kirim ke sandhikagalih@gmail.com
8. Subjek: [mobcom]spaceTugas-NRP(jgn salah!)
9. Waktu pengumpulan : sebelum 17 Sept 2012


Minggu, 09 September 2012

TUGAS PERTAMA IMK

Tugas yang pertama kali di suruh ma dosen Mr. X  adalah cari ebook atau buku seperti berikut , uhh! lumayan susah nyarinya cz dah jarang orang yang share ebook tersebut, maka dari itu aku ingin berbagi kepada sobat sekalian semoga membantu, silakan di Download !
Oya untuk password nya :  085722510045

Kenapa password nya seperti no tlp ya?? btw iya itu no tlp aku sobat, maksudnya kalo sobat mengalami masalah saat coba mendownload ebook itu, tapi link nya bermasalah atau expired. Silakan sobat bisa kasih tau aku lewat comment di bawah atau langsung sms, biar nanti link nya cepat di perbaharui lagi/update!  Thanks





Good Luck!!

STUDI KASUS-GRAFKOM

Kali ini saya ingin memberikan ulasan soal materi tentang grafika komputer, jika ada kesalahan dan kekurangan mohon di koreksi ya dan silakan berikan komentar sobat di bawah, makasi^^

SOAL STUDI KASUS 

Syarat : Mengikuti  Prinsip "Chatode Ray-Tubes"
P x L : 6 inch  x 8  inch, Aspect Ratio = 8/6 = 1.33

if Resolution of 640 x 480 pixel :
>> Horixontal 640/8 =  80 pixels/inch
>> Vertical  480/8 = 80 pixels/inch
square pixels (No Distortion).

1. Diketahui ada 2 sistem yang memiliki resolusi masing-masing 1280x1024 dan 2560x2048 berapa ukuran frame buffer (dalam bytes) yang dibutuhkan untuk masing-masing system jika 24 bit per pixel akan disimpan. 

2. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk me-load 640x480 frame buffer dengan 12 bit per pixel jika dalam satu detik 105 bit dapat ditransfer. 

3. Diketahui suatu RGB raster system dirancang menggunakanlayer 8 inch x 10 inch dengan resolusi 100 pixel per inch. Berapa frame buffer yang dibutuhkan jika ingin menyimpan 6 bit per pixel.

4. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan scanning terhadap setiap baris pixel selama proses screen refresh pada system dengan resolusi 1280x1024 dan refresh rate sebanyak 60 frames per detik.

JAWABAN 

1. Diketahui :
Resolusi : 1280 x 1024 pixel
1  pixel : 24 bit

Ditanya:  Berapa ukuran frame buffer (dalam bytes) yang dibutuhkan untuk masing-masing system?
Jawab :
#  1280 x 1024 = 1310720 pxl
= 1310720pxl  x  24bit = 31457280 bit
= 31457280 :  8 = 3932160 bit


2. Diketahui: 
Resolusi : 640 x 480 pixel
FrameBuffer : 1 pixel = 12 bit
1 second = 105 bit

Ditanya: Berapa waktu yg dibutuhkan utk me-load frame buffer dg 12bit /pxl, jika 1s = 105bit?
Jawab:
# 640 x 480 = 307200 pxl
= 307200pxl  x  12bit = 3686400 bit
= 3686400bit : 105bit = 35108.571428571  bit/s


3. Diketahui: 
8 inch x 10 inch, dg resolusi 100 pixel/inch

Ditanya:  Berapa FrameBuffer yg di butuhkan, jika ingin menyimpan 6 bit/pxl?
Jawab:
# 1 inch = 100 pxl
= 8 x 100 = 800 pxl
= 10 x 100 = 1000 pxl
maka, 
800pxl  x 1000pxl = 800000 pxl
800000 : 8 = 100000 byte
100000  x  6 =  600000 byte

4. Diketahui:
Resolusi : 1280 x 1024 pxl
Refresh Rate : 60 F/s

Ditanya: Berapa waktu yang dibutuhkan utk melakukan scanning terhadap setiap baris pixel selama proses screen refresh?
Jawab:
#  1280 x 1024 = 1310720 pxl
1 second = 60 Frames
1310720 x 60  = 79642300  F/s


OK, segitu dulu..moga bermanfaat!





Selasa, 04 September 2012

PERTEMUAN I

SKS :  3
Kode Perkuliahan :  IF 601
Nama Dosen: Susetyp Bagas Bhaskoro

Silabus:
1. Fungsi Komponen, Struktur Desain, dan Implementasi Sistem Operasi.
2. Manajement Proses
3. Manajement I/O
4. Manajement File

Kontak Dosen:
P: 0817330622
E: bgsko2@yahoo.com
susetyobagas@widyatama.ac.id

t: @kotakrusak
w: kotakrusak.com

Jika ada tugasm, Format dan Syarat:
1. .doc/.docx dan di ZIP
2. Nama File : [SO-2012] Mahasiswa-tugas ke x
3. Subject Email: [SO-2012] Nama Mahasiswa-tugas ke x

Pengerjaan Kelompok, 1 Kel Max 3 Org

Ref Buku:
1. Bambang Heriyanto, Sistem Operasi
2. Wiliam Stalling, Operating System
3. Modern Operating System (Andrew S Tanenbaum)

OS berbasis Internet, OS Public internet : 167.205.67.237
eyeOS.com

PERTEMUAN I

Email: sandhikagalih@gmail.com
web: sandhikagalih.net 

Aturan Kuliah 
1.Keterlambatan
2.Komponen Penilaian
*Tugas+Quiz 20%
*UTS      30%
*UAS     30%
*Tugas Besar (Presentasi) 20%
*Kehadiran  10% > 80%

Range Index Penilaian:
A >= 85
B 70 - 85
C 55 - 70
D 40 - 55
E < 40

Kisi Kuliah :
1. Definisi Konsep
2. Teknologi Microcontroler
3. Hardware & software (device & development tools)
4. Mobile Programming
5. BB, Android, NAT, Symbian, J2ME,iOS
6. Mobile Web


Buku Ref:
1. Mobile Computing Principles : Cambridge
2. Programming The Mobile Web O'Reilly
3. Mobile Computing