Web Services Development and Desktop Application

Our service available which to give the best service to our customers company for any categories development.

3Gen it-Dev

3Gen it-Dev is the community that in it, have been founded by several students from widyatama university at faculty of engineer major in informatics engineering.

The Magisters of Engineering

Have been graduated Huraa!

Teaches in the class widyatama

Teach by Mr.Logic

Cyber Eye Bandung

Cyber Eye Bandung is one of all community that founded by Adi Ahmad Mat outside campus, and have a goal to be technopreneurs in expanding knowledge and business in information technology!

Samsung Academy

Meet Up with Samsung Android Community Bandung

We are in Event of Programming Contest ACM 2011

This Photo taken when Event of Programming Competition ACM which implemented with online system from Widyatama University through Bina Nusantara University and some of top university in Asia to United States as the Promoter.

Informatics Research Development Lab

My Friends and as Senior was built and assembly a robots in ERD Lab.

The Committee of Advance.Inc Go to Campus Widyatama - Saung Android Bandung Workshop and Seminar

On this seminar we're discuss, to provide training about how to developing and costumizing mobile android app with eclipse development tools and also there is the introducing for the new product of Advance Android products (VANDROID)

Minggu, 10 April 2011

Membuat PC biasa menjadi ROUTER

MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur lengkap untuk network dan wireless.
Kemudian di extrack dan kemudian burn ke CD itu file ISO nya.
1. Install Mikrotik OS
Siapkan PC, minimal Pentium I juga gak papa RAM 64,HD 500M atau pake flash memory 64
Di server / PC kudu ada minimal 2 ethernet, 1 ke arah luar dan 1 lagi ke Network local
Burn Source CD Mikrotik OS masukan ke CDROM
Boot dari CDROM
Ikuti petunjuk yang ada, gunakan syndrom next-next dan default
Install paket2 utama, lebih baiknya semua packet dengan cara menandainya (mark)
Setelah semua paket ditandai maka untuk menginstallnya tekan “I”
Lama Install normalnya ga sampe 15menit, kalo lebih berarti gagal, ulangi ke step awal
Setelah diinstall beres, PC restart akan muncul tampilan login
2. Setting dasar mikrotik
Langkah awal dari semua langkah konfigurasi mikrotik adalah setting ip
Hal ini bertujuan agar mikrotik bisa di remote dan dengan winbox dan memudahkan kita untuk
melakukan berbagai macam konfigurasi
Login sebaga admin degan default password ga usah diisi langsung enter
Gantilah dengan ip address anda dan interface yg akan digunakan untuk meremote sementara
Di sini akan saya terangkan dengan menggunakan 2 cara yaitu dengan dengan text dan winbox.
I. Langkah setting Mikrotik TEXT
Mari kita mulai dengan asumsi proses install sudah berhasil
1. Install – OK
2. Setting IP eth1 222.124.xxx.xxx (dari ISP)
perintah :
ip address add address 222.124.xxx.xxx netmask 255.255.255.xxx interface ether1
IP tersebut adalah IP public / IP yang yang ada koneksi Internet
3. Setting IP eth2 192.168.1.254
perintah :
ip address add address 192.168.1.254 netmask 255.255.255.0 interface ether2
IP tersebut adalah IP Local anda.
Sekarang lakukan ping ke dan dari komputer lain, setelah konek lanjutkan ke langkah
berikutnya, kalo belum ulangi dari langkah no 2.
4. Setting Gateway
perintah :
ip route add gateway=222.124.xxx.xxx (dari ISP)
5. Setting Primary DNS
perintah :
ip dns set primary-dns=203.130.208.18 (dari ISP)
6. Setting Secondary DNS
perintah :
ip dns set secondary-dns=202.134.0.155 (dari ISP)
7. Setting Routing masquerade ke eth1
perintah :
ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1
Untuk terakhir lakukan test ping ke Gateway / ke yahoo.com, bila konek maka Mikrotik anda dah siap
di gunakan.
II. Langkah setting Mikrotik Via WinBox
1. Setelah install Mikrotik sudah OK, selanjutnya masukkan IP sembarang untuk remote.
Misal
ip address add address 192.168.1.254 netmask 255.255.255.0 interface ether2
Kemudian buka browser dengan alamat IP tadi, dan download Winbox
Web Mikrotik
2. Buka Winbox yang telah di download tadi
3. Di tampilan Winbox, pada kolom Connect To masukkan no IP tadi (192.168.1.254) dengan
Login : admin password : kosong. Kemudian klik tombol Connect
Tampilan Login Awal Winbox
4. Login ke Mikrotik Via Winbox berhasil
Tampilan Jika Login Sukses
5. Klik IP —> ADDRESS
Setting Ip address
6. Ini adalah tampilan dari address
Tampilan Address
7. Kemudian masukkan IP public (dari ISP)
Set IP Public
8. Ini daftar IP pada 2 ethernet
Daftar IP
9. Setting Gateway, IP —> Routes
Gateway Router
10. Masukkan IP GATEWAY (dari ISP)
IP Gateway dari ISP


11. Hasil ROUTING
Hasil Routing

12. Masukkan Primary DNS dan Secondary DNS (dari ISP)
Kemudian klik Apply dan OK
Set DNS

13. Setting MASQUERADE
Seting Nat ( Masquerade)

14. Klik IP —> Firewall
15. Kemudian pilih NAT
16. Pada tab General
pada Chain pilih srcnat
pada Out. Interface pilih ether1
pada tab Action pilih masquerade
Kemudian klik Apply dan OK
Seting Firewall

Semoga Bermanfaat..

COREL DRAWX5

Download Corel Draw X5 ,plus Keygen (dari Cdr versi yg lama tapi kompatibel)

Tutorialnya silakan cari di youtube! Aku saja berhasil..



Corel Draw X5.rar


KeyGen/Crack+SN Corel Draw X5.rar


Free Just For U...

Membuat HotSepot, Dirumah Ah ….

Saya akan menerangkan settingan speedy yang saya gunakan beserta konfigurasi sesuai gambar.

mengapa saya tidak memakai ADSL yang langsung ada WIFInya jawabannya sebelumnya saya sudah punya Linksys WRT54GS (wifi) jd tinggal pakai aja yang ADSL yang diberikan oleh telkom tp dengan berjalannya waktu ADSL itu rusak, maka beli ADSL baru.

1. Setting ADSL
Saya memakai ADSL dari SMC dulu TPLInk, pada dasarnya sama aja yang membedakan menu settingan di webnya, beginilah gambar tampak belakang dari ADSL SMC (SMC7901BRA3) yang saya pakai, gambarnya jelek maklum hasil scan dari boxnya tanya mbah google tidak ketemu, tapi kelihatankan.

klo lihat gambar pasti tahu dong kemana port-port itu dihubungkan, ya ADSL port ke arah spliter dan LAN Port ke arah LAN Port wifi (nantinya). untuk awal USB dan reset tidak usah dipikirkan. button reset dipakai utuk mereset settingan ADSL.
untuk awalan LAN port ADSL di hubungkan ke PC/laptop.
karena ADSL merupakan ruter jd mempunyai ip bawaan biasanya 192.168.1.1 tetapi utuk ADSL SMC ini ipnya 192.168.2.1, terus bagaimana mengetahui IP bawaan ADSL, setting aja ip komputer automatic nanti windows akan mecari sendiri ip gateway ruter ADSL (DHCP) caranya
untuk mensettingnya Anda masuk ke control panel> network connection > klik kanan local area connection > pilih propertiesLocal Area Connection Properties > pilih Internet Protocol( TCP/IP) > klik properties> setting seperti gambar > muncul

Modem ADSL SMC

Default IP: 192.168.2.1
Default password: smcadmin
Setting Bridge
1. Klik WAN
2. Klik ATM PVC
3. Klik VC1
4. Protocol: 1483 Bridging, VLAN: Default, VPI/VCI: 8/81, Encapsulation: LLC, Qos Class: UBR, PCR/SCR/MBS: 4000/4000/10
5. Klik Save Settings
Setting PPPoE
1. Klik WAN
2. Klik ATM PVC
3. Klik VC1
4. Protocol: PPPoE, VPI/VCI: 8/81, Encapsulation: LLC, QoS Class: UBR, PCR/SCR/MBS: 4000/4000/10, IP assigned by ISP: Yes, IP Address: 0.0.0.0, Subnet Mask: 0.0.0.0, Connect Type: Always Connected, Idle Time (Minute): 5, Username: (nmrspeedy@telkom.net), Password: (password speedy), Confirm Password: (ulangi password), MTU: 1492
5. Save Settings
Setting DNS
1.primary/prferred : 202.134.0.155
2.secondary/alternative: 202.134.1.10
3.save setting
Sumber : 
Kang Sarden (Lecturer)
http://www.studio27.comuf.com

CARA COMPILE PROGRAM C di ComandPromt

CARA COMPILE PROGRAM C di ComandPromt(CMD) Langkah Pertama yang harus dilakukan adalah:


1. Buka CMD {ketik "CLS" untuk menghilangkan text di CMD agar  menjadi lebih enak dilihat!}
2. Masuk ke folder Anda  :
                                         misal:  jika folder NRP "0610U020" di Drive D/d
                                         -ketik, D:                                         { tekan enter}
                                         -Ketik, cd  0610U020                     {tekan enter}
3. Atur Path untuk "mingw" 
                                        misal: Jika Folder mingw ada di drive C
                                        -Ketik   Path=C:\mingw\bin;%path%               {tekan enter}
4. Kompilasi Program
                                        -ketik, gcc namafile.cpp  -o   namafile.exe
5.Jalankan Program
                                        -ketik,  namafile.exe     {tekan enter}   atau    ketik, namafile  {tekan enter}
                                         contoh:   kasus01-A .exe  {enter}     (kasus01-A/namafile di Folder 0610U020).

 

Mobile, Wireless, and Pervasive Computing

Dilarang Mengcopy artikel berikut tanpa seijin Pemiliknya (Adi Ahmad M)!

jika anda ingin mengcopy artikel ini mohon kejujurannya untuk mencantumkan alamat link blog ini sebagai refrensi(backlink saja). Terima Kasih..



Mobile Computing 


  Apa itu Mobile Computing? Mobile Computing ialah suatu perkembangan teknologi komputer yang dikemas secara unik dan menarik dalam bentuk mobile (dapat berupa cellular dan PC atau gabungan dari itu), sehingga penggunaan komputer dapat lebih maksimal disetiap tempat. Teknologi ini dapat membantu pada saat kita dalam keadaan membawa mobile ( berpindah tempat ). untuk saat ini mobile computing sedang banyak dikembangkan, menurut beberapa kalangan akan bisa menggantikan peran dari DESKTOP atau PC selama ini. Sehingga mucul beberapa pembaruannya yaitu seperti PC Tablet, Ipad, dan Netbook terlebih sekarang di berikan sistem opreasi berjenis open source (Android). 

Kelebihan Mobile Komputing antara lain:
• Perangkat cukup kecil sehingga mereka dapat dengan mudah dibawa kemana saja- perangkat Mobile
• kedua untuk kebutuhan komputasi mobile adalah ganti kabel dengan media komunikasi nirkabel (jaringan berupa nirkabel untuk fungsi wireless maupun fungsi lainnya). 
• Tahap ketiga adalah kombinasi dari keduanya, yaitu menggunakan perangkat mobile di lingkungan nirkabel. Disebut sebagai komputasi mobile nirkabel, kombinasi ini memungkinkan real-time sambungan antara perangkat mobile dan komputasi lain lingkungan.Dalam lingkungan komputasi tradisional itu perlu datang ke komputer untuk melakukan beberapa pekerjaan di atasnya. Semua komputer yang dihubungkan satu sama lain, untuk jaringan, server, melalui kabel. 
Mobile Ecommerce (M-ecommerce) manfaatnya dalam dunia Bisnis antara lain:
M-commerce dan M-Bussiness adalah kegiatan e-commerce dan e-bussiness yang dapat dilakukan di dalam lingkungan nirkabel. Mobile juga tidak hanya untuk variasi penggunaan layanan Internet saja, tapi merupakan kemudahan yang diberikan kepada pelaku bisnis di bidang e-commerce dan e-business yang dapat menciptakan kesempatan baru dan berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnisnya. Aplikasi khas yang dapat dimiliki dalam mobile meliputi: 
 1) Aplikasi Keuangan (seperti Forex misalkan)
2) Manajemen persediaan 
3) Layanan di Bidang Manajemen
4) Lokasi Produk
5) Real Estat dan lain-lain.












 

Sabtu, 09 April 2011

How to Assemble a Weapons

I only give the links, because I'm not responsible for that! and don't make this as your mission as a Criminal rubber!

Follow me : http://twitter.com/#!/thefpshow
Guns Here: http://www.tacticalgunsandgear.com

how to assemble the Guns
Dual wielding Guns
AR-15 M-16 Field Strip and Nomenclature 


Apa Itu Fiber Optik ?

Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.
Bagian-bagian fiber optik
fo1.jpg
Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinar dilakukan.
Cladding adalah materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke dalam inti(core).
Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan.
Jenis Fiber Optik
1. Single-mode fibers
Mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer)
fo2.jpg
2. Multi-mode fibers
Mempunyai inti yang lebih besar(berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer)
fo3.jpg
Cara Kerja Fiber Optik
fo4.jpg
Sinar dalam fiber optik berjalan melalui inti dengan secara memantul dari cladding, dan hal ini disebut total internal reflection, karena cladding sama sekali tidak menyerap sinar dari inti. Akan tetapi dikarenakan ketidakmurnian kaca sinyal cahaya akan terdegradasi, ketahanan sinyal tergantung pada kemurnian kaca dan panjang gelombang sinyal.
Keuntungan Fiber Optik
Murah : jika dibandingkan dengan kabel tembaga dalam panjang yang sama.
Lebih tipis: mempunyai diameter yang lebih kecil daripada kabel tembaga.
Kapasitas lebih besar.
Sinyal degradasi lebih kecil.
Tidak mudah terbakar : tidak mengalirkan listrik.
Fleksibel.
Sinyal digital.
Bagaimana Fiber Optik Dibuat
Making a preform glass cylinder
Proses ini disebut modified chemical vapor deposition (MCVD).
Silikon dan germanium bereaksi dengan oksigen membentuk SiO2 dan GeO2.
SiO2 dan GeO2 menyatu dan membentuk kaca.
Proses ini dilakukan secara otomatis dan membutuhkan waktu beberapa jam.
fo5.jpg
Drawing the fiber from the preform
Setelah proses pertama selesai preform dimasukkan kedalam fiber drawing tower.
Kemudian dipanaskan 1900-2200 derajat celcius sampai meleleh.
Lelehan tersebut jatuh melewati laser mikrometer sehingga preform membentuk benang.
Dilakukan proses coating dan UV Curing.
fo6.jpg
Testing the Finished Optical Fiber
Tensile strength: harus mampu menahan 100.000 lb/inch2 atau lebih.
Refractive index profile : menghitung layar untuk pemantulan optik.
Fiber geometry : diameter Core, dimensi cladding, diameter cloating adalah seragam.
Attenuation : menghitung kekuatan sinyal dari berbagai panjang gelombang dan jarak.
Information carrying capacity : bandwith
Chromatic dispersion : penyebaran berbagai panjang gelombang sinar melalui core.
Operating temperature
Kabel Optik Yang Sering Digunakan
Distribution Cable
fo7.jpg
Indoor/Outdoor Tight Buffer
fo8.jpg
Indoor/Outdoor Breakout Cable
fo9.jpg
Aerial Cable/Self-Supporting
fo10.jpg
Hybrid & Composite Cable
fo121.jpg
Armored Cable
fo12.jpg
Low Smoke Zero Halogen (LSZH)
fo13.jpg
KOMUNIKASI SERAT OPTIK

Media komunikasi digital pada dasarnya hanya ada tiga, tembaga, udara dan kaca. Tembaga kita kenal sebagai media komunikasi sejak lama, telah berevolusi dari hanya penghantar listrik menjadi penghantar elektromagnetik yang membawa pesan, suara, gambar dan data digital. Berkembangnya teknologi frekuensi radio menambah alternatif lain media komunikasi, kita sebut nirkabel atau wireless, sebuah komunikasi dengan udara sebagai penghantar. Tahun 1980-an kita mulai mengenal media komunikasi yang lain yang sekarang menjadi tulang punggung komunikasi dunia, yaitu serat optik, sebuah media yang memanfaatkan pulsa cahaya dalam sebuah ruang kaca berbentuk kabel, total internal reflection.
Kabel Serat Optik
Sebuah kabel serat optik dibuat sekecil-kecilnya (mikroskopis) agar tak mudah patah/retak, tentunya dengan perlindungan khusus sehingga besaran wujud kabel akhirnya tetap mudah dipasang. Satu kabel serat optik disebut sebagai core. Untuk satu sambungan/link komunikasi serat optik dibutuhkan dua core, satu sebagai transmitter dan satu lagi sebagai receiver. Variasi kabel yang dijual sangat beragam sesuai kebutuhan, ada kabel 4 core, 6 core, 8 core, 12 core, 16 core, 24 core, 36 core hingga 48 core. Satu core serat optik yang terlihat oleh mata kita adalah masih berupa lapisan pelindungnya (coated), sedangkan kacanya sendiri yang menjadi inti transmisi data berukuran mikroskopis, tak terlihat oleh mata.
Detil core kabel serat optik
Bentuk kabel dikenal dua macam, kabel udara (KU) dan kabel tanah (KT). Kabel udara diperkuat oleh kabel baja untuk keperluan penarikan kabel di atas tiang. Baik KU maupun KT pada lapisan intinya paling tengah diperkuat oleh kabel khusus untuk menahan kabel tidak mudah bengkok (biasanya serat plastik yang keras). Di sekeliling inti tersebut dipasang beberapa selubung yang isinya adalah core serat optik, dilapisi gel (katanya berfungsi juga sebagai racun tikus) dan serat nilon, dibungkus lagi dengan bahan metal tipis hingga ke lapisan terluar kabel berupa plastik tebal. Dari berbagai jenis jumlah core, besaran wujud akhir kabel tidaklah terlalu signifikan ukuran diameternya.
Memotong kabel serat optik sangat mudah, cukup menggunakan gergaji kecil. Sering terjadi maling-maling tembaga salah mencuri, niatnya mencuri kabel tembaga yang laku di pasar besi/loak malah menggergaji kabel serat optik. Yang sulit adalah mengupasnya, namun hal ini dipermudah dengan pabrikan kabel menyertakan serat nilon khusus di bawah lapisan terluar yang keras sehingga cukup dikupas sedikit dan nilon tersebut berfungsi membelah lapisan terluar hingga panjang yang diinginkan untuk dikupas.
Untuk apa dikupas? Tentunya untuk keperluan penyambungan atau terminasi. Kita lihat dulu bagaimana pulsa cahaya bekerja di dalam serat kaca yang sangat sempit ini. Kabel serat optik yang paling umum dikenal dua macam, multi-mode dan single-mode. Transmitter cahaya berupa Light Emitting Diode (LED) atau Injection Laser Diode (ILD) menembakkan pulsa cahaya ke dalam kabel serat optik. Dalam kabel multi-mode pulsa cahaya selain lurus searah panjang kabel juga berpantulan ke dinding core hingga sampai ke tujuan, sisi receiver. Pada kabel single-mode pulsa cahaya ditembakkan hanya lurus searah panjang kabel. Kabel single-mode memberi kelebihan kapasitas bandwidth dan jarak yang lebih tinggi, hingga puluhan kilometer dengan skala bandwidth gigabit.
Pulsa cahaya serat optik multi-modePulsa cahaya serat optik single-mode
Inti kaca kabel single-mode umumnya berdiameter 8,3-10 mikron (jauh lebih kecil dari diameter rambut), dan pada multi-mode berukuran 50-100 mikron. Pulsa cahaya yang ditembakkan pada single mode adalah cahaya dengan panjang gelombang 1310-1550nm, sedangkan pada multi-mode adalah 850-1300nm.
OTB wallmount
OTB rackmount
Ujung kabel serat optik berakhir di sebuah terminasi, untuk hal tersebut dibutuhkan penyambungan kabel serat optik dengan pigtail serat optik di Optical Termination Board (OTB), bisa wallmount atau 1U rackmount. Dari OTB kabel serat optik tinggal disambung dengan patchcord serat optik ke perangkat multiplexer, switch atau bridge (converter to ethernet UTP).
Penyambungan kabel serat optik disebut sebagai splicing. Splicing menggunakan alat khusus yang memadukan dua ujung kabel seukuran rambut secara presisi, dibakar pada suhu tertentu sehingga kaca meleleh tersambung tanpa bagian coated-nya ikut meleleh. Setelah tersambung, bagian sambungan ditutup dengan selubung yang dipanaskan. Alat ini mudah dioperasikan, namun sangat mahal harganya. Inilah sebabnya meskipun harga kabel fiber optik sudah jauh lebih murah namun alat dan biaya lainnya masih mahal, terutama pada biaya pemasangan kabel, splicing dan terminasinya.
Berbagai jenis konektor kabel serat optik
Pigtail yang disambungkan ke kabel optik bisa bermacam-macam konektornya, yang paling umum adalah konektor FC. Dari konektor FC di OTB ini kita tinggal menggunakan patchcord yang sesuai untuk disambungkan ke perangkat. Umumnya perangkat optik seperti switch atau bridge menggunakan konektor SC atau LC. Cukup menyulitkan ketika menyebut jenis konektor yang kita kehendaki kepada penjual, FC, SC, ST, atau LC.
Setelah kabel optik terpasang di OTB dilakukan pengujian end-to-end dengan menggunakan Optical Time Domain Reflectometer (OTDR). Dengan OTDR akan didapatkan kualitas kabel, seberapa besar loss cahaya dan berapa panjang kabel totalnya. Harga perangkat OTDR ini sangat mahal, meskipun pengoperasiannya relatif mudah. OTDR ini digunakan pula pada saat terjadi gangguan putusnya kabel laut atau terestrial antar kota, sehingga bisa ditentukan di titik mana kabel harus diperbaiki dan disambung kembali.
Untuk keperluan sederhana misalnya sambungan fiber optik antar gedung pada jarak ratusan meter (hingga 15km) kini teknologi bridge/converter-nya sudah semakin murah dengan kapasitas 100Mbps, sedangkan untuk full gigabit harga switch/module-switch-nya masih mahal. Jadi, meskipun harga kabel serat optik sudah di kisaran Rp10.000/m namun total pemasangannya membengkak karena ada biaya SDM yang menarik dan memasang kabel, biaya splicing setiap core-nya, pemasangan OTB, pengujian OTDR, penyediaan patchcord dan perangkat optiknya sendiri (switch/bridge).

Dasar-Dasar Mengenal Jaringan

Jaringan : jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung. Terdapat banyak jenis jaringan komputer:
a. Local-Area Network (LAN): komputer yang terhubung berada pada tempat yang berdekatan secara gografis (misalkan satu gedung).

b. Wide-Area Network (WAN): komputer yang terhubung berada pada tempat yang berjauhan dan dihubungkan dengan line telepon atau gelombang radio. atau
LAN : merupakan network yang terhubung oleh HUB dan Switch (Access Layer)
Multi-LAN : merupakan Network yang terhubung oleh Router (Distribution Layer)
WAN : merupakan network yang terbung oleh “Switch Route Processor” (core Layer)

selain itu, jaringan komputer dapat juga dikelompokan berdasar kriteria di bawah ini:

Topologi : pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. Terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, dan ring.

Protokol : protokol mendefinisikan sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer pada jaringan untuk berkomunikasi. Protokol LAN yang paling populer adalah Ethernet. 

Protokol LAN lain yang banyak digunakan adalah IBM token-ring network.c. arsitektur: jaringan dapat diklasifikasikan ke dalam arsitektur peer-to-peer atau client/server.

NIC : NIC (network interface card) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan LAN card (Local Area Network Card).

Backbone : Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Bandwidth : Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. 

Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).

Bridge : Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.

DNS : DNS (domain name sistem) adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.microsoft.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.

Ethernet : Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.

Fast Ethernet : Fast Ethernet seperti Ethernet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat, sampai dengan 100 mbps. Ethernet ini juga disebut 100BaseT.

Gateway : Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

GPS : GPS (Global Positioning System ) adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit. Dengan menggunakan tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging). Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.

Host : Host adalah sistem komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem mengandung data yang disebut host, sedang sitem yang digunakan untuk mengases dari jarak jauh disebut remote terminal. Istilah host juga digunakan untuk menyebut komputer yang terhubung dengan jaringan TCP/IP, termasuk Internet. Setiap host mempunyai alamat IP yang unik. Selain itu, istilah host juga merujuk pada penyediaan infrastruktur layanan komputer. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host Web server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware, software, dan saluran komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi server (data) dikendalikan oleh pihak lain. 

ISP (Internet Service Provider) : ISP (Internet service provider) adalah penyedia layanan Internet. Sebagian besar ISP mempunyai jaringan server (mail, berita, Web), router, modem yang dihubungkan dengan koneksi “backbone” Internet yang permanen dan berkecepatan tinggi. Pelanggan ISP dapat mendapatkan koneksi Internet dengan modem dan telepon. Untuk mengakses Internet pelanggan ISP harus melakukan dial ke jaringan dengan menekan nomor telepon tertentu milik ISP.

Internet : Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer. Sejak 1999 Internet telah memiliki 200 juta pemakai di seluruh dunia, dan jumlah ini meningkat cepat. Lebih dari 100 negara terhubung dengan Internet untuk menukar data, berita, dan informasi lainnya. Setiap komputer yang terhubung dengan Internet disebut host.

ISDN : ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah standard komunikasi internasional untuk pengiriman suara, video dan data melalui line telepon digital atau telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan transfer data 64 Kbps. Sebagian besar saluran ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang memungkinkan dua saluran, yang disebut kanal B (B channel). Satu line dapat digunakan untuk suara dan yang lain untuk data lain dan keduanya mempunyai kecepatan transfer 128 Kbps. Versi awal ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain ISDN, yaitu B-ISDN, menggunakan transmisi broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5 Mbps.

Protocol (protokol) : Bahasa atau prosedur hubungan yang digunakan oleh satu sistem komputer dengan sistem lainnya sehingga antara keduanya dapat saling berhububngan. Untuk dapat berkomunikasi. Kedua system harus menggunakan protokol yang sama. 

PPP (Point To Point Protocol) : Protokol TCP/IP yang memungkinkan hubungan antara host dengan jaringan dan antara router dengan router atau dapat pula digunakan untuk hubungan serial antara 2 system.

Repeater : Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.

Router : Suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya. Routing : Proses dari penentuan sebuah path yang di pakai untuk mengirim data ke tujuan tertentu.

RJ-45 : RJ-45 (Registered Jack-45) adalah konektor delapan kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke sebuah local-area network (LAN), khususnya Ethernets. Konektor RJ-45 mirip dengan konektor RJ-11 yang digunakan dalam koneksi telepon, tetapi lebih besar.

Server : Suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer.komputer server akan melayani seluruh client atau worstation yang terhubung ke jaringannya.

TCP/IP : TCP/IP Transmission Control Protokol adalah dua buah protokol yang dikembangkan oleh militer AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling berhubungan. IP digunakan untuk memindahkan paket data antarsimpul. TCP dugunakan untuk memverifikasi pengiriman dari client ke server. TCP/IP adalah dasar internet dan dapat ditemukan pada semua system operasi modern, seperti Unix dan Windows.

Topologi : Dalam jaringan komputer topologi adalah bentuk pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, ring.

UTP : UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin. Kabel UTP banyak digunakan pada local-area networks (LANs) dan sambungan telepon karena harganya lebih murah. Kabel UTP tidak sebaik kabel koaksial dan serat optik dalam hal penyediaan banwidth dan ketahanan terhadap interferensi.

VLAN : VLAN (virtual local-area network) adalah jaringan komputer yang seakan terhubung menggunakan kabel yang sama meskipun mungkin secara fisik berada pada bagian LAN yang lain.
 
VLAN dikonfigurasi melalui software dan tidak hardware, yang membuatnya sangat fleksible.Salah satu keunggulan VLAN adalah jika sebuah komputer secara fisik dipindah ke lokasi lain, komputer tersebut tetap pada VLAN yang sama tanpa melakukan konfigurasi ulang hardware.

VPN : VPN (virtual private network) adalah koneksi internet pribadi yang aman dan terenkripsi untuk menjamin bahwa hanya pengguna yang berhak yang dapat mengaksesnya dan trasfer data yang dilakukan tidak dapat diganggu.

VSAT : VSAT (Very Small Aperture Terminal) stasiun bumi yang digunakan pada satelit komunikasi sinyal data, suara, dan video, kecuali pemancaran televisi. VSAT terdiri dari dua bagian: sebuah transceiver yang diletakkan ditempat terbuka sehingga dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit dan sebuah piranti yang diletakkan dalam ruangan untuk menghubungkan transceiver dan piranti komunikasi pengguna akhir(end user), seperti PC.Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit diluar angkasa. Satelit mengirimkan dan menerima sinyal dari komputer stasiun bumi yang berfungsi sebagai hub sistem. Setiap pengguna yang saling terhubung dengan stasiunhub melewati satelit, membentuk topologi bintang. hub mengendalikan semua operasi pada jaringan. Semua transmisi untuk komunikasi antar pengguna harus melewati stasiunhub yang meneruskannya ke satelit dan kepengguna VSAT yang lain. VSAT dapat mengirimkan data sampai dengan kecepatan 56 Kbps.

 WAN : WAN wide area network adalah komputer yang terhubung berada pada tempat yang berjauhan dan hubungan dengan line telepon atau gelombang radio. Lihat juga LAN dan jaringan.

Wi-Fi : Wi-Fi Wireless Fidelity adalah nama dagang resmi untuk IEEE 802.11b yang dibuat oleh Wireless Ethernet Compatibility Aliance (WECA). Istilah Wi-Fi menggantikan 802.11b seperti halnya istilah Ethernet menggantikan IEEE 802.3. Produk yang disertifikasi oleh WECA sebagai Wi-Fi dapat beroperasi bersama meskipun dibuat oleh perusahaan yang berbeda.

Workstation : Pada jaringan komputer, workstation adalah komputer yang terhubung dengan sebuah local-area network (LAN).Istilah workstation juga digunakan untuk menyebut komputer yang digunakan untuk aplikasi teknik (CAD/CAM), desktop publishing, pengembangan software, dan aplikasi lainnya yang membutuhkan tingkat komputasi dan kemampuan grafis yang cukup tinggi.Workstation biasanya terdiri dari layar grafik yang besar dengan revolusi tinggi, RAM minimal 64 MB, dukungan jaringan built-in, dan graphical user interface.Sebagian besar workstation juga mempunyai piranti penyimpanan seperti disk drive, tetapi jenis workstation khusus, yang disebut diskless workstation, tidak mempunyai disk drive. Sistem operasi yang banyak digunakan untuk workstation adalah UNIX dan windows NT. Seperti halnya PC, sebagian besar workstation adalah komputer single user, Meski demikian, workstation pada dasarnya dihubungkan dengan local area network, meskipun dapat juga sebgian sistem yang berdiri sendiri stand alone.

100BaseT : 100BaseT adalah nama lain fast Ethernet yang mempunyai kecepatan transmisi sampai dengan 100 mbps. Jenis 100BaseT ini lebih mahal daripada 10BaseT dan lebih jarang digunakan pada local area network (LAN).

10Base2 : 10Base2 adalah satu jenis standar Ethernet ( IEEE802.3) untuk lokal area network ( LAN ). Standard 10 Base-2 ( yang juga disebut Thinnet )menggunakan kabel koasial 50 ohm ( RG-58A/U ) dengan panjang maksimal 185 meter.kabel ini lebih kecil dan lebih flesibel daripada yang digunakan untuk standard 10 Base 5. Sistem 10 Base-2 beroperasi pada 10 Mbps dan menggunakan metode tranmisi baseband.

10 Base5 : 10 Base-5 adalqh standard awal untuk Ethernet yang menggunakan kabel koasial. nama 10 Base5 didasarkan pada fakta bahwa kecepatan transfer data maksimum adalah 10 Mbps. menggunakan transmisi Baseband, dan panjang kabel maksimal adalah 500 meter. 10 Base5 juga disebut Thick Wire atau thick Net.

10BaseT : 10BaseT adalah jenis Ethernet yang paling umum. Nama tersebut menunjukan bahwa kecepatan transmisi maksimum adalah 10Mbps. 10BaseT menggunakan kabel tembaga dan merupakan card standard untuk menghubungkan komputer pada lokal area network (LAN).

2010, LG Luncurkan 5 Ponsel Android

Perang ponsel berbasis Android bakal seru di 2010. Setelah Motorola, Nexus, dan HTC, kini LG ikut mengenalkan ponsel mereka yang berbasis Android. Bahkan, tak tanggung-tanggung, LG Electronics Indonesia mengaku siap memasukkan lima produk Android di 2010 ini.

Rencananya mereka akan memasok lima jenis ponsel Android itu dalam waktu dekat ini.
"Kita melihat Android semakin popular namanya di dunia, tentunya kita ingin memasok ponsel dengan OS tersebut di tanah air. LG akan memasukkan sekira 3 sampai 5 ponsel Android di tahun 2010 ini," jelas Product Marketing LG Indonesia, Richard Susilo, di MU Cafe, Jakarta, Senin 11 Januari.

Salah satu handset yang disebutkan Richard akan dibandrol sekira Rp3 jutaan. Harga ini termasuk murah, dengan desain ponsel menggunakan papan ketik QWERTY hingga teknologi layar sentuh.
Ponsel Android besutan Google itu juga akan dibarengi dengan peluncuran 3 ponsel lainnya yang berbasis Windows Phone atau Windows Mobile 6.5.

Menurut Richard, ponsel-ponsel itu akan diluncurkan secara bertahap dan akan digelontorkan mulai kuartal pertama di 2010. Richard juga membocorkan, ponsel LG yang menggunakan Windows Phone akan dipatok lebih murah dari ponsel Android, dengan harga kisaran Rp2,5 juta.

"Mengapa lebih mahal? Karena Android merupakan teknologi baru, banyak orang awam yang belum mengetahuinya. Salah satu ponsel Android tersebut adalah GW620 yang akan menyasar segmen menengah ke atas," tambahnya.

Sementara itu, dikatakan Richard, pihaknya juga akan menyiasati keterbatasan aplikasi Android dengan menekan operator dan pengembang aplikasi lokal untuk memperkaya aplikasi.
"Pola bundling dengan operator atau tidak, masih akan kita pelajari. Namun, LG akan menyiasati aplikasi Android dengan menekan para pengembang untuk membuat aplikasi Android tersebut," terangnya.

Seperti diketahui, ponsel Android yang masuk ke tanah air masih menggunakan sistem Open Handset Distribution (OHD), yang artinya pengguna tidak bisa mengunduh ke Android Market, selama tidak ada lisensi yang diberikan Google. (bs)

8 Alasan OS Android Kuasai Dunia

 

Jakarta - Sistem operasi Android baru saja menjungkalkan Symbian, sebagai OS mobile terpopuler di dunia. Ini adalah tonggak yang penting bagi Google dan memberikan sinyal bahwa Android memang akan mendominasi ranah ponsel sejagat.
Kira-kira, apa sebabnya Android bisa melesat dan menguasai pasar smartphone dengan cepat? Berikut ada delapan alasannya, seperti dikutip detikINET dari eWeek, Kamis (3/2/2011):


1. Setiap Versi Bertambah Baik


Dengan upgrade rutin yang dilakukan, setiap versi Android dijamin semakin baik performa maupun fiturnya. Versi terbaru yakni Android 3.0 atau Honeycomb menjanjikan penambahan kualitas yang signifikan.


2. Smartphone Android Memang Bagus


Kesuksesan Android tidak lepas dari smartphone pengusung OS ini, yang memiliki bermacam fitur bagus. Sebut saja Droid X, Galaxy S sampai HTC Evo memiliki banyak kelebihan sehingga konsumen tertarik membelinya.


3. Membiarkan RIM Terlena


Pada awalnya, Google seakan terkesan membiarkan BlackBerry dari RIM menguasai pasar enterprise. Penjualan Android lebih terfokus pada konsumen umum. Namun setelah sukses di pasar consumer, kini Android mulai membidik pebisnis dan makin banyak kalangan korporat memakai Android ketimbang BlackBerry.


4. Dengan Sedikit Model, Apple Tidak Dapat Melawan Android


Dengan hanya memasarkan iPhone 3GS dan iPhone 4, Apple semakin kelabakan melawan Android. Lusinan smartphone Android bukanlah lawan yang sebanding meski iPhone sebenarnya masih sangat laris.


5. Penurunan Pangsa Pasar Microsoft


Peruntungan Microsoft di ranah OS mobile kurang baik belakangan ini. Peluncuran Windows Phone 7 dinilai terlambat dan pangsa pasar mereka menurun. Hal ini memberi celah bagi Android meraih semakin banyak kue pasar smartphone.


6. Nokia Sempoyongan


Dari yang semula sangat dominan menguasai arena smartphone, Nokia kini mulai sempoyongan. Salah satu alasannya, OS Symbian yang kukuh mereka pakai dianggap ketinggalan zaman dibandingkan Android. Jadilah konsumen mulai banyak melirik OS robot hijau.


7. Dukungan Vendor Kelas Atas


Dukungan penuh vendor kelas atas amat membantu melonjakkan popularitas Android. Bahkan mungkin tanpa dukungan nama-nama seperti Samsung, Motorola dan HTC yang menyajikan ponsel berkelas, Android tidak bakal sesukses sekarang.


8. Keampuhan Merek Google


Reputasi merek Google yang hebat membuat para konsumen tidak meragukan Android. Mereka sepertinya memercayai Android akan memberikan sebuah pengalaman memakai smartphone yang bisa mereka nikmati.

Apa itu android



Bahasa Gaulnya!
Wew setelah sekian waktu Android hadir, masih aja ada yg bertanya Android itu apa sih??? .... ya wajar sih, mungkin saat ini yg sudah kenal lengket ya Gadget mania, tukang browsing, sama Developer aplikasi.

Dan Pertama kita tegaskan kita bukan bicara, tentang Robot Android

Ok untuk yang belum kenal dengan Android, Pertama kita bisa berpikir tentang dunia komputer. Dalam dunia komputer (PC Specially) ada yg namanya Hardware & Software. ...., Hardware itu ya perangkat keras (CPU, Keyboard, Monitor dll),

lha kalo Software? ... ya anggap saja program yg berjalan di Hardware itu (SO -Sistem Operasi -Windows XP, Linux dll, Aplikasi Office - MS Word dsb) .

Nah sama saja pada dunia Handphone/Ponsel ada juga Hardware & Software nya ....,

Hardwarenya ya (Ada Layar LCD, Cassing, Keypad, beserta Jeroanya). Sedangkan Software, ya sama aja ada Sistem Operasi (OS / SO : misal Blackberry OS, Symbian, Windows Mobile, Limo dll) , Aplikasi misal : buat kirim SMS, kirim/terima email, game, dll.

Nah lalu Android?

Android itu ya mudahnya ya Sistem Operasi ,

..... lha kalo begitu kayak di komputer bisa nggak HP/Ponsel diganti-ganti, Diinstall sistem operasinya, ..... wah, kalo yg ini sih kita musti tau dulu, .... bahwa Hardware HP itu Arsitekturnya berbeda-beda, jadi gak standar kayak di komputer ..

Tetapi apabila spesifikasi hardware-nya sama, dengan kebutuhan yang disyaratkan oleh suatu Sistem Operasi. maka kita bisa mengganti Sistem Operasinya.

Misal HTC Tytn II yang memakai windows mobile, itu pada saat sekarang sudah banyak yang bisa menggantinya dengan Android (Android standar yang dioprek). Karena memang banyak HP/ponsel HTC yang memang dibuat untuk Android ini, dan kemudian ada orang-orang pinter yang ngoprek Android agar bisa berjalan di HTC Tytn II.

Jadi tidak semudah menginstall sistem operasi di HP, apalagi kalau Sistem Operasinya bukan Open Source seperti Android. Misal Symbian, Windows Mobile, Blackberry OS itu saat ini kita "relatif" nggak bisa dioprek. Itu juga karena HP/Ponsel itu secara Arsitektur Hardware berbeda-beda.

Nah di Android sendiri, selain mudah dioprek, juga kita bisa membuat aplikasi sendiri secara mudah, yaitu dengan pemrograman bahasa java. Tentu ini sangat menyenangkan, kita bisa membuat aplikasi berkirim SMS, email, atau bahkan aplikasi berbasis peta dengan GPS yang menyenangkan.

Tentu saja, faktor keamanan pada Android juga diperhatikan, mengenai kemungkinan Virus dan sebagainya. Tentu pada saat ini tidak satupun Sistem Operasi yang kebal dengan virus, tetapi pada Android dibuat seaman mungkin, ingat Android pada dasarnya dibangun pada sebuah kernel Linux, yang tangguh.

Kemudian untuk pengguna umum, apa keuntungannya?

Android dibangun untuk platform mobile masa depan - dan mnurutku komputer PC pada beberapa segi akan digusur oleh mobile computing ini pada saatnya nanti . Dengan bagitu, akan sangat menyenangkan mampunyai dan menggunakan aplikasi yang memenuhi kebutuhan kita sebagai pengguna. Dan tentu saja, Android menawarkan pengalaman menggunakan Handphone atau ponsel yang "Dedicated untuk Internet Connection" . Tentunya juga hal lain, misal Bisnis Productivity, Multimedia, Games, dll juga didukung oleh Android.

Dalam satu kata, mnurut-ku :

"Pada saatnya nanti kita akan menikmati pengalaman menggunakan Handphone, seperti kita merasakannya pada saat menggunakan Komputer, atau bahkan lebih menyenangkan, .... dan Android salah satu yang terbaik yang akan mewujudkannya".... he he he ... ini mah banyak kata ya .... satu lagi, Android sudah banyak dipake untuk OS Netbok, Tablet, Ebook Reader, dll











Bahasa formal..

Android merupakan subset perangkat lunak untuk ponsel yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang di release oleh Google. Saat ini disediakan Android SDK (software Development kit) sebagai alat bantu dan API diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Features :
  • Framework Aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
  • Mesin virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile
  • Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit
  • Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh perpustakaan grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi opengl ES 1,0 (Opsional akselerasi hardware)
  • SQLite untuk penyimpanan data
  • Media Support yang mendukung audio, video, dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  • GSM Telephony (tergantung hardware)
  • Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (tergantung hardware)
  • Kamera, GPS, kompas, dan accelerometer (hardware tergantung)
  • Lingkungan Development yang lengkap dan kaya termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, profil dan kinerja memori, dan plugin untuk Eclipse IDE






















Emulator Phone


Framework Aplikasi :

Pengembang memiliki akses penuh framwork API yang sama yang digunakan oleh aplikasi inti. Arsitektur aplikasi dirancang agar komponen dapat digunakan kembali (reuse) dengan mudah. setiap aplikasi dapat memanfaatkan kemampuan ini dan aplikasi yang lain mungkin akan memanfaatkan kemampuan ini (sesuai dengan batasan keamanan yang didefinisikan oleh framework). Mekanisme yang sama memungkinkan komponen untuk diganti oleh pengguna.
Semua aplikasi yang merupakan rangkaian layanan dan sistem, termasuk:
  • View Set kaya dan extensible yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi, termasuk daftar, grids, kotak teks, tombol, dan bahkan sebuah embeddable web
  • Content Provider yang memungkinkan aplikasi untuk mengakses data (seperti dari daftar kontak telp) atau dari data mereka sendiri
  • Resource Manager, yang menyediakan akses ke kode sumber non-lokal seperti string, gambar, dan tata letak file
  • Notifikasi Manager yang memungkinkan semua kustom aplikasi untuk ditampilkan dalam alert status bar
  • An Activity Manager yang mengelola siklus hidup aplikasi dan menyediakan navigasi umum backstack
Android Runtime

Android terdiri dari satu set core libraries yang menyediakan sebagian besar fungsi yang tersedia dalam core libraries dari bahasa pemrograman Java. Setiap menjalankan aplikasi Android sendiri dalam proses, dengan masing-masing instance dari mesin virtual Dalvik (Dalvik VM). Dalvik dirancang agar perangkat dapat menjalankan multiple VMs secara efisien. Mesin Virtual Dalvik dieksekusi dalam Dalvik executable (.dex), sebuah format yang dioptimalkan untuk memori yang kecil. Dalvik VM berbasis, berjalan dan dikompilasi oleh compiler bahasa Java yang telah ditransformasikan ke dalam .dex format yang disertakan oleh tool "dx".
Dalvik VM bergantung pada kernel Linux untuk berfungsi , seperti threading dan manajemen memori tingkat rendahnya .

Linux Kernel

Android bergantung pada Linux Versi 2.6 untuk inti sistem pelayanan seperti keamanan, manajemen memori, proses manajemen, susunan jaringan, dan driver model. Kernel juga bertindak sebagai lapisan yang abstak antara hardware dan software stacknya.

Jumat, 08 April 2011

Mobile, Wireless, and Pervasive Computing (Lanjutan)

Mohon maaf karena pada halaman artikel ini bermasalah, maka kami pisah sebagai (lanjutan) dari  artikel  sebelumnya Mobile, wireless dan computing.

Istilah –istilah Dasar yang terdapat pada Mobile Computing:
• Personal Digital Assistant (PDA). Sebuah komputer portabel kecil, seperti Palm handheld dan perangkat Pocket PC.
• Layanan Pesan Singkat (SMS). Sebuah teknologi, ada sejak tahun 1991, yang memungkinkan mengirim pesan teks singkat.
• Enhanced Messaging Service (EMS). Perpanjangan dari SMS yang mampu mengirim animasi sederhana, gambar kecil, dan melodi pendek.
• Multimedia Messaging Service (MMS). Generasi berikutnya nirkabel pengolah pesan, teknologi ini akan dapat memberikan media yang kaya.
• Wireless Application Protocol (WAP). Sebuah teknologi yang menawarkan browsing internet perangkat nirkabel.
• Smartphone. Internet-enabled ponsel yang dapat mendukung aplikasi mobile.
• Wi-Fi (Wireless Fidelity). Mengacu pada standar 802.11b yang sebagian besar nirkabel jaringan area lokal didasarkan pada.
• Sistem Penempatan Global (GPS). Sebuah sistem pelacakan berbasis satelit yang memungkinkan penentuan lokasi perangkat GPS ini.
• WLAN. Jaringan local area nirkabel



Karakteristik Mobile Computing:
• Mobilitas berarti portabilitas didasarkan pada kenyataan bahwa pengguna membawa perangkat selular di mana-mana mereka pergi. Oleh karena itu, pengguna dapat memulai real-waktu kontak dengan sistem lain dari manapun mereka terjadi menjadi.
• mencapai luas adalah karakteristik yang menggambarkan aksesibilitas orang. Mereka bisa dihubungi setiap saat. Komputasi Mobile memiliki dua karakteristik utama yang membedakan dari bentuk-bentuk lain dari komputasi: mobilitas dan jangkauan yang luas.

Atribut Komputasi Mobile
• Ubiquity mengacu pada atribut menjadi tersedia di setiap lokasi pada setiap diberikan waktu. Sebuah terminal mobile dalam bentuk smartphone atau mana-mana menawarkan PDA.
• Kenyamanan. Hal ini sangat nyaman bagi pengguna untuk beroperasi di nirkabel lingkungan. Yang mereka butuhkan adalah sebuah internet diaktifkan perangkat mobile seperti smartphone.
• Instan konektivitas. Perangkat Mobile memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan mudah dan cepat ke Internet, intranet, perangkat mobile lainnya dan database. Personalisasi. Personalisasi mengacu menyesuaikan informasi untuk individu konsumen.
• Lokalisasi produk dan jasa. Mengetahui pengguna fisik lokasi pada setiap saat tertentu adalah kunci untuk menawarkan produk yang relevan dan layanan.

Infrastruktur Hardware yang terdapat di Mobile Computing :
• ponsel Seluler yang dapat ber-Internet dan telepon, juga dikenal sebagai smartphone.
• attachable keyboard Sebuah lampiran keyboard yang lebih besar.
• Personal Digital Assistant (PDA) dengan tersedia akses Internet.
• Interaktif pager pager dua arah dengan komputasi mobile terbatas dan m-commerce aktivitas di Internet.
• Screenphones Telepon dilengkapi dengan layar warna, keyboard, e-mail dan kemampuan Internet.
• E-mail Terpadu perangkat handheld, yang meliputi keypad, e-mail kemampuan layanan dan Internet, tanpa harus dial ke Penyedia akses internet untuk akses data.
• Ada banyak perangkat lain yang mendukung operasi nirkabel.
• Sebuah WAN modem
• LAN nirkabel atau MAN (metro-area jaringan) adaptor.
• Sebuah Web server dengan dukungan nirkabel
• Sebuah WAP gateway • Sebuah server komunikasi
• Sebuah server aplikasi atau database • Sebuah server aplikasi enterprise.
• A GPS locator Periklanan Mobile Computing Mobile juga selain sarana internetan dan telepon, mobile juga dapat digunakan sebagai media periklanan/advertising.Seperti iklan untuk promo, misalkan: • penjualan di sebuah toko tertentu atau mal • hari ini spesial di restoran
• program loyalitas • dan banyak lagi


Periklanan Mobile Computing
Mobile juga selain sarana internetan dan telepon, mobile juga dapat digunakan sebagai media periklanan/advertising. Seperti iklan untuk promo, misalkan:
• penjualan di sebuah toko tertentu atau mal • hari ini spesial di restoran
• program loyalitas
• dan banyak lagi

Layanan Mobile Computing
Layanan yang diberikan oleh portal mobile meliputi:
• Berita
• Olahraga
• E-mail
• Hiburan
• Informasi Perjalanan
• Restoran
• Event informasi
• Kenyamanan-jasa terkait (misalnya, permainan, TV dan daftar film)
• Layanan-layanan komunitas
• Saham perdagangan.

Didalam Mobile Computing kita juga dapat melakukan Transaksi dalam bentuk e-commece atau e-bussiness kepada pelaku bisnis, seperti disebutkan pada Teori New Economi sebelumnya antara lain dapat melakukan transaksi :
• Bussiness to Bussiness (B2B) adalah Transaksi yang dilakukan oleh sesama para pelaku bisnis dalam perusahaan.
• Bussiness to Consumer (B2C) adalah Transaksi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dalam perusahaan kepada seseorang/per-seorangan sebagai konsumen.
• Consumer to Bussniess (C2B) adalah Transaksi yang dilakukan oleh Perseorangan dengan sebuah perusahaan.
•Consumer to Consumer (C2C) adalah Transaksi yang dilakukan antara individu dengan individu lainya yang saling berhubungan dalam menawarkan barang dan jasa.

"Namun biasanya hanya Pebisnis yang melakukan hal diatas tersebut, jarang sekali seorang individu melakukan transaksi jual beli dengan mobile".

Penjelasan lainnya!

B2B Mobile Mobile Computing
• Dengan mengintegrasikan perangkat mobile ke dalam rantai pasokan (Penjualan)
• mobile dapat membuat pemesanan barang
• mengecek ketersediaan barang tertentu di gudang
• memesan produk tertentu
• menyediakan akses keamanan atas data keuangan rahasia
• mengurangi kesalahan administrasi dan meningkatkan operasi Mobile komputasi solusi (B2B dan manajemen rantai pasokan) memungkinkan organisasi untuk merespon lebih cepat terhadap gangguan dengan mengubah sumber daya berkaitan dengan peristiwa penting yang terjadi. Lingkungan nirkabel telah ditingkatkan transaksi ini c-commerce.

B2C Mobile Mobile Computing
• transaksi B2C
• Personalisasi Pemberitahuan Merchandise
• Mobile games
• Layanan Hotel Sejumlah besar aplikasi ada konsumen yang mendukung dan memberikan layanan pribadi.

Mobile Computing berbasis lokasi Komersial 
• Lokasi tempat atau daerah: menentukan posisi dasar dari seseorang atau hal (misalnya, mobil atau perahu).
• Navigasi: merencanakan rute dari satu lokasi ke lokasi lain.
• Pelacakan: memantau pergerakan seseorang atau sesuatu (misalnya, paket atau kendaraan).
• Pemetaan: membuat peta lokasi geografis tertentu.
• Timing: menentukan waktu yang tepat pada lokasi tertentu.

Teknologi Mobile Computing L-Commerce
• Menyediakan layanan berbasis lokasi memerlukan berikut locationbased dan jaringan teknologi
• Menentukan Posisi Tetap (PDE). Peralatan ini mengidentifikasi lokasi perangkat mobile. (GPS)
• Pusat Posisi Mobile (MPC). MPC adalah sebuah server yang mengelola informasi lokasi yang dikirim dari PDE tersebut.
• teknologi berbasis lokasi. Teknologi ini terdiri dari kelompok server yang menggabungkan informasi posisi dengan konten geografis-dan lokasi-spesifik untuk menyediakan suatu lcommerce layanan.
• Geografis (SIG) konten. Isi Geografis terdiri dari jalan-jalan, jalan peta, alamat, rute, landmark, penggunaan lahan, Zip kode, dan sejenisnya.

Pervasive Computing dalam Mobile Computing
• RFID (identifikasi frekuensi radio) tag melekat pada item untuk dijual.
• Aktif lencana dipakai sebagai kartu ID oleh karyawan. Tombol
• Memori adalah perangkat nikel-ukuran yang menyimpan informasi berhubungan dengan apa pun itu melekat. • komputasi Kontekstual, mengacu pada proses memahami interaksi pengguna dalam konteks yang valid, untuk lebih memahami apa kebutuhan konsumen, dan apa produk atau jasa mereka mungkin mungkin tertarik pada saat ini. Kesadaran Konteks mengacu menangkap berbagai atribut kontekstual untuk lebih memahami kebutuhan tersebut.Sebuah dunia di mana hampir setiap objek memiliki kekuatan pengolahan dengan nirkabel atau kabel koneksi ke jaringan global. Pengguna tidak perlu berpikir tentang bagaimana menggunakan kekuatan pemrosesan dalam obyek; lebih tepatnya, kekuatan pemrosesan secara otomatis membantu pengguna untuk melakukan tugas.
• Smart rumah memberikan Intranet lokal dimana peralatan dalam rumah berkomunikasi satu sama lain dan televisi, pencahayaan, pemanasan kontrol dan keamanan rumah yang diprogram dan dimonitor oleh sistem.
• Smart Cars mikroprosesor mengendalikan radio, transmisi, mengingat posisi duduk Anda, mengatur suhu, membuat suspensi bekerja lebih baik, membantu Anda lihat dalam gelap, dan peringatan ketika tekanan ban rendah. Di toko tersebut, mikroprosesor onboard digunakan untuk mendiagnosis masalah.
Smart "Things" Beberapa perangkat lain dan instrumen dapat dibuat untuk menjadi "pintar."
• Barcode.
• Auto Identification (Auto-ID)
• RFID: Hal ini digunakan dalam sistem kepabeanan nirkabel, seperti EZ Pass.

Kesimpulan dari Pervasive Computing
Jadi, Pervasive Computing sebetulnya bukan istilah baru. Sudah cukup lama istilah itu akrab terdengar di dunia IT. Apa sebenarnya Pervasive Computing?? Orang sering menafsirkan Pervasive Computing kurang begitu tepat, karena biasanya dianggap sebagai teknologi baru atau teknologi komputer masa depan yang menjanjikan berbagai kemudahan.

Dari segi etimologi Pengertian kata “pervasive” sendiri adalah “meresap“. Definisi praktis yang berhasil saya rangkum dari berbagai definisi lain adalah sebagai berikut;

Pervasive computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi (terutama teknologi komputer) digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas manusia sehari-hari, sehingga kehadirannya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang khusus.

ΕΎ Pervasive computing bukan teknologi, tetapi didukung oleh sejumlah teknologi yang setiap saat bisa berubah. Pengertian meresap dalam kata pervasive bahwa teknologi tersebut semakin menyatu kepada pemakai dan lingkungannya, sehingga kehadirannya semakin tidak terasa lagi, menjadi perangkat yang bukan khusus lagi dan tidak disadari kehadirannya oleh kita. Contoh paling sederhana adalah “telpon selular”. Setiap orang sudah tidak melihatnya sebagai suatu perangkat khusus, tetapi itu adalah bagian dari setiap individu di dalam masyarakat modern.

Dengan kemajuan teknologi user interface (speech recognition, text to speech) serta telekomunikasi wireless, perangkat-perangkat IT di masa depan akan semakin pervasive dengan usernya. Suatu waktu, anda tinggal memberikan perintah lisan untuk mehghidupkan televisi, mencari channel kesayangan, dan sebagainya.

Dapat dikatakan juga bahwa “Pervasive Computing merupakan bukan teknologi, tapi suatu Teknologi yang berorientasi dengan lingkungan”.